Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Penerbit

Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Admin SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Kuesioner Tracer Study Bagi Stakeholders

Survey ini digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja lulusan serta wujud nyata untuk meningkatkan mutu lulusan.

Laporan Tracer Study

Tracer Study laporan dari tahun 2016, 2017 dan 2018

Informasi Seminar Hasil

Informasi Seminar Hasil terbaru mahasiswa program Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Dr.Simon J Oosting

Monday, 1 September 2014
Oleh : Admin Fapet

DSC_0343 (2)

 
Merupakan satu kebanggaan bagi Fakultas Peternakan UB kedatangan Dr.Simon J. Oosting  dari Wageningen University, Belanda. Beliau adalah seorang pengajar  dan pembimbing mahasiswa doktor dibidang sistem peternakan di Universitas Wageningen. Saat ini beliau sedang mempelajari sistem peternakan di daerah tropis.
Beliau datang ke Indonesia dengan mengikuti  program sabhatical leave yaitu dalam periode tertentu seorang dosen mendapatkan hak melakukan sesuatu yang menarik di luar negeri. Seperti penelitian, praktikum, mengajar,  yang bertujuan  untuk mengembangkan pengetahuan. Semua pembayaran dibiayai universitas, namun untuk daily cost dibebankan kepada individu. Program ini diberikan dalam jangka waktu 6 bulan, namun Simon hanya mengambil waktu 3 bulan.
Sejak lama Fapet UB mempunyai hubungan baik dengan Universitas Wageningen, salah satu dosen senior Fapet Prof.Dr.Ir.Ifar Subagyo.,M.Agr.St mendapat gelar PhD dari universitas tersebut. Oleh karena itu beliau memilih Indonesia untuk program sabhatical. Simon sering mengunjungi afrika dan melakukan penelitian di sana, hampir setiap 2 minggu sekali beliau ke Afrika. Sebelumnya Simon bekerja di India dan mempunyai koneksi di Indonesia, jadi beliau berkeinginan untuk pergi ke Asia dan Indonesia khususnya Malang. “I tought Malang is nice place, so that’s why I requested Pak Ifar so I could come to Malang.” Jelas Simon
Simon tertarik pada sistem peternakan, beliau mengira akan bekerja seputar keunggasan, ayam atau peternakan sapi. Namun ketika datang ke Fapet UB semua orang memintanya untuk mempelajari seputaran daging sapi.  Jadi beliau akan mempelajari tentang produksi dan teknik pemasaran daging sapi. Beliau tertarik mengkomersilkan produksi hewan , dan ingin tahu mengapa beberapa peternak menjadi sangat komersil . Seperti peternak di Indonesia yang hanya mempunyai sedikit peternak tetapi mempunyai pendapatan  yang bagus,  namun di lain kasus para peternak mempunyai pendapatan yang rendah.
Beliau ingin mendalami fenomena tersebut dan meneliti apa yang terjadi.Selain melakukan penelitian di Fapet UB ini, Simon juga akan mengajar namun tidak regular.
Selama di Belanda dan Afrika, beliau hanya duduk di depan komputer, mengajar, atau meeting tidak pernah turun langsung ke lapangan. Namun tujuannya ke Indonesia saat ini yaitu dapat terjun langsung ke lapangan untuk melihat para peternak dan mengunjungi  rumah potong hewan.Selain itu beliau juga akan mengembangkan teori  tentang mengkomersilkan peternakan.
 
 
 
 

Posted in Berita