Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) angkatan 2019 menyumbangkan medali emas setelah menjadi juara pertama dalam kompetisi Perbanas Entrepreneur Awards 2021, Sabtu (20/03/2021). Perlombaan yang diselenggarakan oleh STIE Perbanas Surabaya itu menekankan bidang entrepreneurship untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berwirausaha dan menciptakan lapangan pekerjaan.
Disamping itu diajarkan juga mengenai beberapa aspek penting dalam analisis usaha. Seperti sumber daya tenaga kerja, potensi pasar dan analisis kelayakan usaha (cash in flow, perhitungan R/C dan Benefit Cost Ratio, perhitungan Break Event Point (BEP), perhitungan NPV, Internal Rate of Return (IRR) dan program pengembangan usaha.
Dibawah asuhan dosen pembimbing Dr. Dedes Amertaningtyas, S.Pt.,MP, tim terdiri dari Sularso, Hendarto, dan Yasri Rahmawati. Mereka membuat biskuit dari ulat hongkong yang disebut juga mealworm (tenebrio molito) sebagai solusi mengatasi stunting atau perawakan pendek (shortness) pada anak. Yakni suatu keadaan tinggi badan tidak sesuai dengan umur dan menggambarkan terhambatnya pertumbuhan karena malnutrisi jangka panjang.
Menurut Sularso, kandungan protein pada larva ulat hongkong cukup tinggi yaitu 47,44% dengan kadar lemak 21,84%. Serta asam amino berupa taurin sebesar 17,53% yang sangat dibutuhkan pada masa tumbuh kembang anak. Sebab taurin merupakan jenis asam amino terbanyak kedua dalam ASI yang berfungsi sebagai neurotransmitter dan berperan penting dalam proses pematangan sel otak.
“Manfaat dari pembuatan produk ini adalah meningkatkan hasil produksi peternakan ulat hongkong dan mengatasi permasalahan kasus stunting di Indonesia.” jelas Sularso
Proses pembuatan biskuit, pertama ulat hongkong dicuci bersih dan dikeringkan kemudian dioven. Lalu dihaluskan menggunakan blender dan disaring airnya. Sari ulat dicampur ke dalam adonan dari terigu, gula, dan telur.
Sementara itu teknik pemasaran lebih difokuskan secara online, dengan memanfaatkan media sosial seperti Line, Whatsapp, Instagram, dan Facebook. Kemasan produk dibuat menarik, pemilihan bahan baku yang berkualitas, dan menonjolkan moto “Stunting Pergi, Generasi Muda Berprestasi”.
Kedepannya akan ditambahkan sistem barcode dalam menu cara pemesanan, sehingga pembelian diarahkan pada website dan marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, dan Gojek. (dta)