Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Penerbit

Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Admin SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Kuesioner Tracer Study Bagi Stakeholders

Survey ini digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja lulusan serta wujud nyata untuk meningkatkan mutu lulusan.

Laporan Tracer Study

Tracer Study laporan dari tahun 2016, 2017 dan 2018

Informasi Seminar Hasil

Informasi Seminar Hasil terbaru mahasiswa program Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Delegasi Fapet UB Sabet Juara Berkat Olah Abon Kelinci Apel

Selasa, 20 September 2016
Oleh : Admin Fapet

IMG-20160919-WA0003

Kota Batu merupakan kiblat tujuan wisata di Jawa Timur, memiliki beragam potensi yang layak dikembangkan, salah satunya buah apel. Sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia bahwa kelinci dan apel merupakan ikonik kota Batu. Memanfaatkan potensi lokal tersebut dan berbekal ilmu pengetahuan mengenai pengolahan hasil ternak, mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet-UB) membuat abon dari daging kelinci yang dipadukan dengan buah apel.

Produk bernama “Rapple Bon (Rabbit Apple Abon)”  ini mengantarkan mereka menjadi juara I dan best speaker dalam ajang U-Read National Competition (UNC). UNC merupakan kompetisi nasional yang digelar oleh UKM U-Read Universitas Sriwijaya, 14-17/9/2016, dengan mengusung tema “Peran Pemuda dalam Pembangunan Berkelanjutan Melalui Kreasi dan Inovasi untuk Menuju Indonesia Emas dan Mandiri 2045.” Dibawah asuhan Dr.Ir. Purwadi, MS tim tersebut terdiri dari Rani Winardi Wulan Sari, Aprilia Retno Anggraini, dan Ima Hanifah. Mereka  mengulas karya berjudul “Rapple Bon (Rabbit Apple Abon) : Usaha Pangan Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN Berbasis Kearifan Lokal.” Melalui produk kreasi olahan tersebut, mahasiswa angkatan 2014 ini berusaha mengangkat potensi lokal sehingga mampu berdaya saing ASEAN.

Menurut Rani, daging kelinci memiliki kandungan protein lebih tinggi sedangkan lemak dan kadar air lebih rendah bila dibandingkan daging sapi. Sehingga kemampuan daya simpannya lebih lama, oleh karena itu abon kelinci lebih ekonomis dan nilai nutrisinya lebih bagus. Bahan baku pembuatan Rapple Bon ini dari hasil kerja sama dengan petani dan peternak Desa Bumiaji, Kota Batu.

 “Syukur Alhamdulillah, kami senang dan bangga dapat mengharumkan almamater mewakili UB dan Fakultas Peternakan dengan menjadi juara. Semoga kedepannya kami dapat mengembangkan produk abon ini, sehingga memaksimalkan potensi lokal yang ada.” Ungkap Rani (dta)

Posted in Berita