Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Penerbit

Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Admin SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Kuesioner Tracer Study Bagi Stakeholders

Survey ini digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja lulusan serta wujud nyata untuk meningkatkan mutu lulusan.

Laporan Tracer Study

Tracer Study laporan dari tahun 2016, 2017 dan 2018

Informasi Seminar Hasil

Informasi Seminar Hasil terbaru mahasiswa program Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Tepung Daun Sambiloto sebagai Fitobiotik Tingkatkan Kualitas Performa Itik

Senin, 9 Mei 2016
Oleh : Admin Fapet

disertasi

ujian akhir disertasi Dyah Lestari Yulianti,S.Pt.,MP

Budidaya unggas yang intensif menitikberatkan pada efisiensi pakan untuk memperoleh produktivitas yang optimal. Upaya untuk meningkatkan efisiensi pakan adalah dengan penambahan growth promoter jenis kemoterapetika (antibiotik). Penggunaan antibiotik tersebut memberikan dampak  negatif pada konsumen unggas. Atas dasar talar belakang  tersebut Dyah Lestari Yulianti,S.Pt.,MP melakukan penelitian tentang Penggunaan Tepung Daun Sambiloto (Andrographis Paniculata) sebagai Fitobiotik Terhadap Penampilan Produksi Itik Mojosari.
Selain itu penelitian tersebut digunakan untuk persyaratan ujian akhir disertasi yang akan mengantarkannya meraih gelar doktor. Dyah adalah mahasiswi program Doktor Fakultas Peternakan UB angkatan 2011 jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak, dan juga merupakan dosen tetap yayasan Universitas Kanjuruhan Malang Program Studi Peternakan  sejak tahun 2006 silam.
Penelitian dibawah bimbingan Prof.Dr.drh. Pratiwi Trisunuwati, MS (ketua), Dr.Ir. Eko Widodo,M.Agr.Sc.M.Sc (anggota), dan Dr.Ir.Osfar Sjofjan,M.Sc (anggota) ini dilaksanakan pada Rabu (4/5) di ruang sidang I Pascasarjana Fapet Gd.II. Ujian yang berlangsung selama 2 jam ini mengundang  Dr.Ir.Edhy Sudjarwo,MS, Dr.M.Halim Natsir,S.Pt.,MP, Dr.dra.Sri Winarsih,A.Pt.,M.Si, dan  Dr.Ir.Dini Hardini,MP sebaga dosen penguji.
Dyah menggunakan tepung daun sambiloto yang diperoleh dari kebun tanaman obat Balai Materia Medika, Kec. Kejayan Kab. Pasuruan. Selain itu juga menggunakan materi ternak itik Mojosari yang berumur 23 minggu sebanyak 100 ekor. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan tepung daun sambiloto sebagai fitobiotik memberikan pengaruh terhadap penampilan itik Mojosari yang meliputi Hen Day Production, berat telur, egg mass, dan konversi pakan. (dta)

Posted in Berita