Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Penerbit

Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Admin SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Kuesioner Tracer Study Bagi Stakeholders

Survey ini digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja lulusan serta wujud nyata untuk meningkatkan mutu lulusan.

Laporan Tracer Study

Tracer Study laporan dari tahun 2016, 2017 dan 2018

Informasi Seminar Hasil

Informasi Seminar Hasil terbaru mahasiswa program Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Dosen Fapet UB Melaksanakan Penyuliuhan mengenai Teknologi Pengolahan Pakan Sumber serat untuk sapi perah  di Desa Pandesari Kecamatan Pujon

Dosen Fapet UB Melaksanakan Penyuliuhan mengenai Teknologi Pengolahan Pakan Sumber serat untuk sapi perah di Desa Pandesari Kecamatan Pujon

Jumat, 8 Desember 2023
Oleh : Admin Fapet

Pakan memiliki peran dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ternak. pakan merupakan masalah yang sangat krusial dalam peternakan Apabila kebutuhannya tidak terpenuhi maka dapat mengganggu produksi hingga reproduksi ternak itu sendiri. Terutama ketersediaannya pada hijauan apabila ketersediaannya masih  belum berkelanjutan dan lahan yang masih terbatas. Solusi dalam menangani masalah ini perlu dilakukan adanya edukasi kepada peternak terkait  pakan yang digunakan harus tersedia dan berkelanjutan serta memiliki kandungan nutrisi sesuai dengan kebutuhan ternak.

Desa Pandesari Kecamatan Pujon merupakan salah satu desa yang memiliki masalah salah satunya kurangnya lahan untuk pakan ternak sehingga masih banyak peternak yang mengelola ternak terutama sapi perah secara tradisional tanpa memperhatikan kandungan nutrisi pakan yang diberikan ke ternak. Pakan yang diberikan kebanyakan rumput alam dan njerami padi atau jagung tanpa perlakuan sehingga nutrisi yang didapatkan ternak hanya sedikit sehingga produksi susu yang dihasilkan juga tidak maksimal.

Untuk menyikapi masalah tersebut, Dosen Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa sosialisasi dan penyuluhan tentang introduksi Teknologi Pengolahan Pakan Sumber Serat. Kegiatan yang berlangsung pada September – November 2023 ini dilakukan oleh Prof. Hartutik, Prof. Siti Chuzaemi, Dr. Marjuki, dan Dr. Asri Nurul Huda dengan sasaran 40 orang ketua kelompok ternak sapi perah di Kecamatan Pujon, yang nantinya akan menyampaikan hasil pelatihan tersebut dapat  disampaikan kepada anggotanya masing-masing.

Materi yang disampaikan berupa pembuatan cadangan pakan dengan mengolah hiajuan atau limbah untuk menjaga nutrisi dan ketersediaan pakan yang akan diberikan ternak. Materi ini disampaikan oleh Bapak Marjuki yang menjelaskan bagaimana proses pembuatannya dan bagaimana agar dapat menekan biaya pemberian pakan pada ternak menggunakan pakan cadangan. Materi yang disampaikan cukup membuat antusiasme para ketua kelompok sapi perah karena dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai pembuatan pakan cadangan ternak. (asr)

Posted in Berita