Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Penerbit

Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Admin SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Kuesioner Tracer Study Bagi Stakeholders

Survey ini digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja lulusan serta wujud nyata untuk meningkatkan mutu lulusan.

Laporan Tracer Study

Tracer Study laporan dari tahun 2016, 2017 dan 2018

Informasi Seminar Hasil

Informasi Seminar Hasil terbaru mahasiswa program Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Pemanfaatan Limbah Pengolahan Susu Menjadi Minuman Fungsional di UMKM Susu Kradjaan Kabupaten Pasuruan

Pemanfaatan Limbah Pengolahan Susu Menjadi Minuman Fungsional di UMKM Susu Kradjaan Kabupaten Pasuruan

Kamis, 7 Desember 2023
Oleh : Admin Fapet

Tim Dosen dari Minat Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternalan Universitas Brawijaya melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Kalipucang, Kabupaten Pasuruan tepatnya di unit usaha UMKM Susu Keradjaan yang terdiri dari Kelompok Ibu-Ibu PKK yang usahanya bergerak dibidang pengolahan susu dan produknya. Terdiri dari Dr. Manik Eirry Sawitri sebagai ketua, bersama anggota Ria Dewi Andriani, M.Sc., Prof. Lilik, Dr.  Agus Susilo,dan Dr. Ir. Eny Sri Widyastuti, MP.

Produk unggulan UMKM Susu Keradjaan adalah stick susu. Pada proses pengolahan susu menjadi stick juga dihasilkan whey sebagai hasil samping. Selama ini whey yang dihasilkan belum termanfaatkan dan hanya dibuang begitu saja, padahal dalam whey masih mengandung protein, seperti laktalbumin dan laktoglobulin serta trace element yang masih tertinggal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan whey tersebut yaitu dengan pengolahan menjadi minuman fungsional melalui penambahan bahan aktif berupa rimpang-rimpangan. Kombinasi whey yang masih mengandung zat makanan bergizi dengan rimpang yang berkhasiat sebagai antioksidan akan menghasilkan perpaduan minuman kesehatan yang tidak hanya bergizi tetapi juga fungsional serta diharapkan dapat menganekaragamkan produk olahan susu dan menjadi produk unggulan dari UMKM Susu Keradjaan.

Minuman whey fungsional yang dihasilkan dari pelatihan ini menghasilkan cita rasa yang manis, aroma seperti susu, dan warna orange. Secara penerimaan, Ibu-Ibu dari UMKM susu Keradjaan suka terhadap minuman whey fungsional tersebut. Harapannya setelah dilakukan pelatihan pemanfaatan whey menjadi minuman fungsional ini dapat memberikan dampak yang signifikan bagi UMKM Susu Keradjaan dan dalam produksi produk olahannya tidak ada limbah yang dihasilkan karena dapat termanfaatkan secara optimal. (Tim)

Posted in Berita