Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Penerbit

Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Admin SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Kuesioner Tracer Study Bagi Stakeholders

Survey ini digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja lulusan serta wujud nyata untuk meningkatkan mutu lulusan.

Laporan Tracer Study

Tracer Study laporan dari tahun 2016, 2017 dan 2018

Informasi Seminar Hasil

Informasi Seminar Hasil terbaru mahasiswa program Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Mahasiswa UB gagas pembuatan cheese slice functional smart active coating guna mencegah penyakit jantung koroner, kanker dan diabetes melitus

Rabu, 11 Oktober 2023
Oleh : Admin Fapet

 

WHO menyatakan bahwa penyakit degeneratif telah menyebabkan kematian hampir 17 juta orang di seluruh dunia, hal tersebut menempatkan penyakit degeneratif menjadi penyakit pembunuh terbesar didunia. Penyakit degeneratif adalah penyakit tidak menular yang berlangsung kronis dengan penurunan sel dan fungsi organ seperti penyakit jantung koroner, kanker dan diabetes melitus. Upaya mencegah penyakit berbahaya ini ialah dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan. Antioksidan merupakan sebuah senyawa yang dapat menghambat atau mencegah proses oksidasi senyawa lain yang menghasilkan radikal bebas yang dapat merusak sel. Salah satu senyawa yang terkandung didalam antioksidan yaitu beta carotene.
Beta carotene dapat diperoleh dari buah seperti labu kuning. sayangnya beta carotene secara kimia memiliki daya larut yang rendah di air, peka terhadap panas, cahaya, dan oksigen sehingga sulit untuk digunakan secara langsung dalam makanan, sehingga tim peneliti yang beranggotakan Dela Dafista, Tiara Diva Octavia, Putri Selvia Nurfebriana, Dafa Rafiul dan Tri Mey Wulansari yang dibimbing oleh Dr. Abdul Manab, S.Pt., Mp dari Universitas Brawijaya memanfaatkan senyawa beta carotene labu kuning untuk menghambat laju oksidasi yang dapat digunakan secara tidak langsung dalam makanan yaitu dengan cara memanfaatkan beta carotene sebagai bahan tambahan dalam coating (pengemas makanan) untuk makanan yang mudah teroksidasi seperti cheese slice.
Cheese slice merupakan keju yang berbentuk lembaran yang biasa ditambahkan dalam makanan ataupun dimakan langsung. Karena bentuknya yang tipis membuat cheese slice mudah teroksidasi dan rusak. Dibutuhkan metode kontrol tambahan untuk menginaktifkan patogen pada permukaan cheese slice setelah tahap pengemasan secara mudah seperti pengemasan atau pelapisan bahan antimikroba yang menjadi solusi lebih efektif untuk mengendalikan kontaminan mikroba permukaan keju, dibandingkan dengan penambahan pengawet pada makanan. Penambahan beta carotene labu pada coating cheese slice diharapkan dapat menekan pertumbuhan mikroba dan oksidasi pada permukaan cheese slice dan meningkatkan umur simpannya. Dalam penelitian ini peneliti menggagas smart active coating yang akan menjadi indikator penurunan kualitas pada cheese slice, pigmen warna beta carotene berubah dibawah zat pengoksidasi (dari jingga menjadi kuning muda) yang menunjukkan perubahan warna sebagai faktor untuk menentukan waktu kadaluarsa pada produk yang dikemas.
Tim peneliti berhasil mengantarkan proposal penelitian ini pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2023 yang merupakan ajang penelitian bergengsi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud-Ristek) Republik Indonesia sebagai dukungan kemajuan riset, khususnya di kalangan mahasiswa. Tim ini membagikan proses penelitian yang dapat dilihat pada link berikut: bit.ly/penelitiancheeseslicesmartactivecoating informasi menarik lainnya terkait penelitian ini di Instagram @cheeseslice.sac_ jangan lupa follow ya!

No telp ketua tim: 085268309609 (Dela Dafista)

Posted in Berita