Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Penerbit

Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Admin SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Kuesioner Tracer Study Bagi Stakeholders

Survey ini digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja lulusan serta wujud nyata untuk meningkatkan mutu lulusan.

Laporan Tracer Study

Tracer Study laporan dari tahun 2016, 2017 dan 2018

Informasi Seminar Hasil

Informasi Seminar Hasil terbaru mahasiswa program Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Sistem Recording SMS Gateway untuk Tingkatkan Produktivitas Sapi Perah di Kecamatan Pujon

Sistem Recording SMS Gateway untuk Tingkatkan Produktivitas Sapi Perah di Kecamatan Pujon

Kamis, 22 Juni 2023
Oleh : Admin Fapet

Jenis ternak sapi perah yang dipelihara di Indonesia adalah silangan dari sapi Friesian Holstein dari Belanda dengan sapi lokal Jawa yang disebut peranakan friesian holstein (PHF). Pemeliharaannya terpusat di wilayah dataran tinggi seperti Kecamatan Pujon, Ngantang, Batu, yang memiliki suhu udara dingin, sesuai untuk produksi susu dan reproduksi. Akan tetapi pergeseran Kota susu menjadi Kota Wisata di Batu dan Pujon menjadi salah satu ancaman eksistensi.

Sehingga diperlukan perencanaan manajemen yang tepat agar dapat beternak secara berkelanjutan. Manajemen yang terencana dapat diwujudkan melalui pencatatan (recording) mengenai produksi maupun reproduksi ternak.

Menurut guru besar Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB), Prof. Sucik Maylinda, manfaat recording adalah untuk pemilihan bibit, mengatur pakan, dan mengontrol penyakit. Namun Banyak peternak beranggapan program recording merepotkan, disebabkan kurangnya pengetahuan dan keterampilan peternak dalam hal pengukuran dan pencatatan. Selain itu infrastruktur, peralatan, dan sistem pengaturan mekanisme pencatatan belum memadai. 

Berlatar belakang permasalahan tersebut, Prof. Sucik bersama Dosen UB melakukan sosialisasi dan pelatihan sistem recording SMS gateway yang dibungkus dalam kegiatan Doktor Mengabdi. YSMS Gateway merupakan sistem pencatatan produksi sapi perah yang menggabungkan antara koleksi dan tabulasi data, kemudian pengiriman data melalui SMS dan dikirim ke pusat data yang dihubungkan ke software analisis data.

Tim yang terlibat antara lain Hari Dwi Utami, Ph.D., (Fakultas Peternakan), Dr. Raden Arief Setyawan (Fakultas Teknik), dan Dr. Sarwono (Fakultas Ilmu Bahasa). Serta melibatkan empat mahasiswa program Sarjana (S1) dan satu mahasiswa Magister (S2) dari Fapet. Kegiatan yang dilakukan sejak Februari hingga Juni 2023 ini dilakukan kepada Kelompok peternak Agri Lestari yang berada di Dukuh Maron Sebaluh Rt 29 Rw 06, Jurangrejo, Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Dr. Raden Arief memaparkan sistem recording SMS Gateway dapat digunakan untuk pengukuran volume atau bobot badan, produksi susu, pencatatan tanggal bulan perkawinan sapi, dan performans.

“Pekerjaan mengukur dan mencatat dapat digantikan oleh tenaga pencatat (inseminator atau mantri hewan). Pengukuran dapat dilakukan dengan manual (dengan alat ukur) ataupun dengan mesin perah yang secara otomatis diketahui volumenya.” ujarnya (dta)

 

Posted in Berita