Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Penerbit

Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Admin SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Kuesioner Tracer Study Bagi Stakeholders

Survey ini digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja lulusan serta wujud nyata untuk meningkatkan mutu lulusan.

Laporan Tracer Study

Tracer Study laporan dari tahun 2016, 2017 dan 2018

Informasi Seminar Hasil

Informasi Seminar Hasil terbaru mahasiswa program Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Usai PMK, Dosen Fapet UB Lakukan Pendampingan pada Peternak Sapi Perah

Usai PMK, Dosen Fapet UB Lakukan Pendampingan pada Peternak Sapi Perah

Senin, 31 Juli 2023
Oleh : Admin Fapet

Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang ternak ruminansia sempat menjadi hal menakutkan hingga mengakibatkan trauma bagi sejumlah peternak. Pasalnya tahun 2022 kasus PMK sempat menjadi pandemi yang menyerang ternak sapi di seluruh pelosok Indonesia, khususnya Jawa Timur. Hal itu berdampak pada perekonomian peternak.

  Oleh karenanya Dosen Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) sebagai civitas akademika mencetuskan program pendampingan Pasca PMK. Tujuannya sharing dan transfer ilmu pengetahuan bagi para peternak terdampak. Kegiatan dilakukan di Desa Blandit, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Sabtu (15/07/2023) oleh Puji Akhiroh, M.Sc., Dr. M.B.Hariyono, dan Hari Dwi Utami, Ph.D.. 

Puji, dkk melakukan diskusi interaktif dengan 15 peternak sapi perah mengenai keluhan-keluhan yang dialami. Serta penyampaian teori pemulihan ekonomi pasca PMK.  Ketua kelompok peternak dusun setempat menuturkan, pasca PMK produksi susu menurun drastis. Bahkan pernah menghasilkan hanya 2 liter/hari, disamping itu harga sapi sekarang sangat anjlok.  

“Kami memerlukan cara pengolahan susu yang tepat agar dapat menambah pemasukan. Serta pengolahan pakan efektif untuk menghemat biaya pengeluaran untuk pakan”. ungkapnya

  Menyikapi hal tersebut, M. B. Hariyono dan Hari Dwi mengungkapkan bahwa PMK saat ini sudah berganti menjadi endemi. Artinya masih ada wabah namun penularannya tidak parah, sehingga peternak harus lebih teliti dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ternak. Supaya pakan dapat dicerna dengan baik dan menghasilkan produksi susu yang maksimal.

Selain itu itu tim dosen juga memberikan tambahan ilmu mengenai penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) dan antraks yang juga perlu diwaspadai oleh peternak. 

“Penyakit LSD ini memang belum banyak ditemukan di Malang, namun harus selalu waspada terhadap wabah tersebut. Pencegahannya dapat dilakukan dengan memulai sanitasi lingkungan kandang secara baik dan pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi ternak sapi”. ujar Puji  

Adanya kegiatan pendampingan diharapkan mampu memberi wawasan dan ilmu pengetahuan bagi para peternak untuk tetap waspada dengan adanya wabah penyakit lain yang kapan saja bisa menyerang ternak. Serta memberikan dorongan peternak untuk bangkit dan memulihkan perekonomian pasca terjadinya wabah PMK. (tim/dta)

 

 

 

 

Posted in Berita