Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Penerbit

Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Admin SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Kuesioner Tracer Study Bagi Stakeholders

Survey ini digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja lulusan serta wujud nyata untuk meningkatkan mutu lulusan.

Laporan Tracer Study

Tracer Study laporan dari tahun 2016, 2017 dan 2018

Informasi Seminar Hasil

Informasi Seminar Hasil terbaru mahasiswa program Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Kolostrum sebagai Antibodi dan Menurunkan Resiko Pedet Mati Akibat Diare

Kolostrum sebagai Antibodi dan Menurunkan Resiko Pedet Mati Akibat Diare

Rabu, 26 Oktober 2022
Oleh : Admin Fapet

Kolostrum merupakan zat dalam kelenjar susu dari hasil sekresi kelenjar ambing mamalia yang diproduksi paling lama 96 jam usai melahirkan. Zat ini hanya bisa ditemukan pada awal kelahiran bayi baik itu dari manusia maupun hewan. Kandungan antibodi pada kolostrum sangat tinggi yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi pada masa tumbuh kembang. Begitu pula bagi anakan sapi (pedet) yang harus sesegera mungkin mengkonsumsi kolostrum. Karena antibodi di dalamnya dapat menurunkan resiko pedet mati akibat kekurangan nutrisi dan rentan terjangkit diare, pneumonia, dan sebagainya. 

Keistimewaan kolostrum antara lain mengandung immunoglobulin yang baru dapat dihasilkan oleh pedet secara mandiri ketika usia 2 minggu, kandungan nutrisi lebih tinggi dibanding susu murni, serta membantu pencernaan meconium yang bersifat laxative  (senyawa pelancar dan meningkatkan  kinerja isi pencernaan pada pedet).

Penjelasan tersebut dituturkan oleh Guru Besar Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB), Prof. Puguh Surjowardojo ketika memberikan penyuluhan kepada kelompok ternak Rojokoyo Farm, Selasa (18/10/2022). Pelaksanaan kegiatan yang berlangsung di Desa Pesanggrahan Kota Batu itu dilakukan bersama tim pengabdian kepada masyarakat. Terdiri dari Zia ul Rahman Fithron, M.B.A, Hanum Muarifah, M. Sc., Ahmad Khoirul Umam, M.Sc, dan melibatkan mahasiswa program Sarjana dan Pascasarjana.

Prof. Puguh mengatakan apabila indukan sapi belum bisa memproduksi kolostrum dalam 24 jam setelah melahirkan, cara untuk menghindari kematian pedet adalah substitusi. Bahan yang digunakan untuk teknik ini adalah  mencampurkan satu butir telur kocok didalam 0,3 L air, ditambah 1 sendok teh minyak jarak, dan 0,6 L susu segar. 

“Meskipun substansi susu buatan ini tidak dapat menggantikan kolostrum, tetapi albumin pada telur dapat secara cepat diabsorbsi dinding usus dan memacu terbentuknya globulin (protein yang tidak larut) pada tubuh sapi.” jelas Puguh

Sementara itu perwakilan kelompok ternak, Darji menyampaikan terimakasih atas ilmu yang telah diberikan, dengan adanya penyuluhan seperti ini kami para peternak bisa memperoleh maka peternak mendapatkan wawasan dan pengetahuan tambahan tentang manfaat kolostrum. (dta)

Posted in Uncategorized @id