Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Penerbit

Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Admin SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Kuesioner Tracer Study Bagi Stakeholders

Survey ini digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja lulusan serta wujud nyata untuk meningkatkan mutu lulusan.

Laporan Tracer Study

Tracer Study laporan dari tahun 2016, 2017 dan 2018

Informasi Seminar Hasil

Informasi Seminar Hasil terbaru mahasiswa program Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Disnakkan Rangkul Tim Dokar Fapet UB Membangun Kampung Kelinci di Kabupaten Magetan

Disnakkan Rangkul Tim Dokar Fapet UB Membangun Kampung Kelinci di Kabupaten Magetan

Rabu, 17 November 2021
Oleh : Humas FapetUB

Desa Tanjungsari Kabupaten Magetan adalah salah satu Desa di Kecamatan Panekan yang masyarakatnya banyak memelihara kelinci sebagai usaha sambilan. Sistem pemeliharaan masih tradisional sehingga produksi berupa anakan dan kelinci potong belum optimal.

Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Magetan memandang itu sebagai potensi yang dapat dikembangkan menjadi wisata edukasi berbasis kelinci. Namun terdapat beberapa permasalahan dalam managemen pemeliharaan, yang berimplikasi pada produktivitas kelinci. Disamping itu tingginya harga pakan konsentrat juga menjadi kendala pengembangan.

Langkah awal untuk mewujudkan rencana tersebut adalah membangun sinergitas antara peternak, perangkat Desa, Dinas, dan akademisi. Oleh karenanya Disnakkan Kabupaten Magetan menggandeng Dosen Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) untuk memberikan wawasan kampung kelinci serta pelatihan dan pembinaan intensif pengembangan manajerial peternakan kelinci.

Dosen yang terlibat berasal dari berbagai bidang ilmu yang tergabung dalam tim Dosen  Berkarya (Dokar), di bawah Ketua Dr. Ir. Sri Minarti, MP, IPM ASEAN Eng (Produksi Aneka Ternak), dan anggota Dr. Siti Nurul Kamaliyah (Nutrisi Makanan Ternak), Dr. Dyah Lestari (Produksi Ternak), Wike Andre Septian, M.Si (Produksi Ternak), dan Puji Akhiroh,M.Sc (Sosial Ekonomi).

pelatihan pembuatan pakan berbahan kearifan lokal

Menurut Dr. Sri Minarti, permasalahan produktivitas rendah dapat disiasati dengan pemberian penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan mengenai manajemen beternak dan pengenalan teknologi tepat guna. Kemudian memberikan pengetahuan dan wawasan kepada peternak tentang kampung pariwisata dengan memanfaatkan sosial media.

Sementara itu solusi menekan biaya pemeliharaan (pakan) dilakukan melalui pelatihan dan pembuatan pakan kelinci berbahan kearifan lokal, yang telah dilaksanakan tim 2-3 November 2021.

“Kami berharap usai kegiatan ini dapat mendorong semangat peternak agar usaha peternakan kelinci dapat ditingkatkan sebagai mata pencaharian utama. Sehingga wacana destinasi kampung kelinci dapat terealisasi, dan meningkatkan pendapatan perekonomian peternak.” jelas ketua tim Dokar (dta)

 

 

 

 

 

 

Posted in Berita