Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Penerbit

Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Admin SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Kuesioner Tracer Study Bagi Stakeholders

Survey ini digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja lulusan serta wujud nyata untuk meningkatkan mutu lulusan.

Laporan Tracer Study

Tracer Study laporan dari tahun 2016, 2017 dan 2018

Informasi Seminar Hasil

Informasi Seminar Hasil terbaru mahasiswa program Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Wisuda Sekolah Lapang Peternak Sapi Potong di Kabupaten Malang

Wisuda Sekolah Lapang Peternak Sapi Potong di Kabupaten Malang

Rabu, 17 November 2021
Oleh : Humas FapetUB

Pemenuhan kebutuhan nasional akan daging sapi hanya sekitar 58%. Akibatnya pemerintah melakukan impor sapi bakalan dan daging beku. Kondisi itu dapat memperpuruk peternak lokal, sebab beberapa daerah berpotensi untuk dikembangkan sebagai klaster sapi potong untuk peningkatan populasi sapi. Salah satunya klaster sapi potong di Desa Senggreng Kabupaten Malang.

Membaca peluang tersebut Research Group Red Meat Producers (RG RMP) Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) melakukan pembentukan klaster sapi potong pada kelompok ternak Wijikamulyan di Desa Senggreng pada tahun 2020-2021. Menurut ketua RG RMP, Prof. Trinil Susilawati, solusi jangka panjang mengatasi permasalahan penyediaan daging sapi yaitu melalui penguatan pembibitan sapi potong, dengan membentuk klaster sapi potong di suatu wilayah yang berpotensi.

Kegiatan pendampingan berlangsung sejak tahun 2020 bekerjasama dengan Bank Indonesia Wilayah Malang. Fokus awal adalah meningkatkan bibit sapi potong dengan melakukan inseminasi buatan (IB) untuk meningkatkan produktivitas dan penyediaan bakalan. Pada tahun 2021, meningkatkan keberhasilan IB, penguatan kelompok, dan kemandirian pakan.

Disamping itu tim RG memberikan pelatihan tambahan bagi para istri peternak mengenai teknologi pengolahan ikan untuk meningkatkan daya simpan dan promosi produk secara online maupun offline mengingat lokasi Desa Senggreng berdekatan dengan bendungan Sutami yang dapat dimanfaatkan dalam usaha perikanan dan wisata. Selain itu dilakukan pelatihan dan demo pengembangan ekonomi kreatif seperti budidaya cacing tanah.

Usai mendapatkan pelatihan-pelatihan, peternak aktif yang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan diwisuda oleh Dekan Fapet UB didampingi perwakilan Bank Indonesia Malang, Rabu (17/11/2021). Acara wisuda dilakukan secara luring di Ruang Auditorium lt.8 Fapet UB, yang dihadiri 23 wisudawan, Suyanto (Kepala Desa Senggreng), Sayidah Zakiah, S.Pt. (Kepala Bidang Pembibitan Dinas dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang), dan Cicilia Melly (Deputi kantor perwakilan Bank Indonesia Malang).

“Kami mengapresiasi upaya tim dari Fapet UB yang telah membina peternak di Desa Senggreng. Kami berharap melalui kegiatan ini menjadikan kelompok ternak yang Tangguh, dan menjadi kawasan klaster sapi potong atau sumber bibit sapi potong.” jelas Cicilia

Penghargaan juga diberikan kepada pihak yang telah mendukung berjalannya program pendampingan pembentukan klaster sapi potong di Kabupaten Malang. Antara lain Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, Kepala Desa Senggreng, Kepala Dusun Kecopokan, dan Inseminator Desa Senggreng. (dta)

Posted in Berita