Festival Kewirausahaan Mahasiswa Baru (FKMB) merupakan kegiatan yang diselenggarakana oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bidang kewirausahaan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) bernama Barisan Orang Sukses (BOS). Bertujuan memberikan pelatihan pembuatan produk hasil peternakan dan promosi produk dalam acara bazar kepada mahasiswa Fapet UB angkatan 2020 dan 2021.
FKMB mempunyai output sebagai media pengenalan dan pembelajaran Business Plan dalam menyiapkan para peserta untuk ikut andil dalam Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN), dan Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) di masa mendatang.
Rangkaian kegiatan ini meliputi sekolah mentor, seminar, mentoring, monitoring dan evaluasi (monev), dan food festival (bazar). Usai menggelar seminar pada minggu lalu, acara berikutnya ialah mentoring yang diadakan secara daring, Sabtu (30/10/2021). Kegiatan tersebut untuk menyampaikan informasi terkait wirausaha secara umum dan aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam memulai membuat dan memasarkan suatu produk.
Mengusung tema “Membentuk Entrepreneur Muda yang Produktif, Kreatif, dan Inovatif di Era Ekonomi Digital” pemateri yang dihadirkan adalah anggota BOS senior berprestasi dalam lomba tingkat nasional dan internasional. Antara lain Sularso yang menyampaikan tentang bisnis plan Bisnis Model Canvas (BMC), Erinda Ar Farya Salsabela mengenai produk, dan I Putu Angga Mayobhayu Sumertha tentang marketing.
Sularso menjelaskan fungsi bisnis plan adalah menjadi pedoman kegiatan bisnis yang akan dilaksanakan atau sedang berjalan, sehingga mempertajam rencana-rencana yang diharapkan, serta sebagai alat untuk mencari dana dari pihak ketiga (investor, lembaga keuangan dll).
Poin yang sebaiknya dicantumkan dalam bisnis plan yaitu lembar judul (ringkasan eksekutif), peluang (dan tawaran), produk/jasa yang diberikan / direncanakan dan latar belakang organisasi, analisa kondisi /Pasar (internal dan eksternal), formulasi strategi (rencana pemasaran, organisasi, produksi), analisis finansial dan analisa rencana tindak, action plan, dan lampiran (terminologi, data pendukung, dsb).
Sementara itu BMC merupakan template dasar dari sebuah strategi manajemen yang digunakan dalam memulai rancangan awal sebuah bisnis atau pengembangan dari bisnis yang sudah ada. (dta)