Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Penerbit

Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Admin SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Kuesioner Tracer Study Bagi Stakeholders

Survey ini digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja lulusan serta wujud nyata untuk meningkatkan mutu lulusan.

Laporan Tracer Study

Tracer Study laporan dari tahun 2016, 2017 dan 2018

Informasi Seminar Hasil

Informasi Seminar Hasil terbaru mahasiswa program Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Gerakan Nasional Revolusi Mental : Dosen dan Mahasiswa UB Ajak Siswa SDN Gadingkulon Konsumsi Susu

Gerakan Nasional Revolusi Mental : Dosen dan Mahasiswa UB Ajak Siswa SDN Gadingkulon Konsumsi Susu

Jumat, 15 Oktober 2021
Oleh : Humas FapetUB

Dosen dan mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) berkolaborasi menjalankan program gerakan revolusi mental yang terbagi menjadi beberapa tim. Dimana tim I melakukan pengajaran tentang susu dan produk olahannya kepada siswa SDN 1 Gadingkulon, Kecamatan Dau – Kabupaten Malang.

Tim dosen terdiri dari Ria Dewi Andriani, M.Sc (Fakultas Peternakan), Endra Yuafanedi Arifianto, MT. (Fakultas Teknik), Pusvita Yuana, M.Sc (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), dan Triya Indra Rahmawan. M.H (Fakultas Hukum). Sedangkan anggota mahasiswa antara lain Dimas Wiryawan (Fakultas Peternakan), Irqi Sheva Maulana (Fakultas Hukum), Muhammad Putra Nurdiansyah (Fakultas Teknik), dan Rizki Dwi Setiawan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

Menurut Dimas, tim mahasiswa dari Fapet, susu merupakan sumber protein hewani yang bergizi karena memiliki kandungan yang lengkap. antara lain protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Komponen-komponen itu dapat membantu proses tumbuh kembang pada bayi dan anak-anak.

Sementara itu manfaat biologis susu antara lain sebagai sumber tenaga, membantu penyerapan kalsium dan fosfor untuk membangun tulang tubuh dan gigi, yang terkandung dalam laktosa. Penghambat perkembangan sel kanker yang berasal dari sumber asam lemak yang mengandung Conjungated Linoleic Acid (CLA). Mempertahankan enzim, hormon, dan antibodi yang dilakukan oleh asam amino. Serta penghasil energi dan vitamin larut dalam lemak (vitamin A, D, E, K) yang berada pada lemak susu.

Namun minat masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi susu segar masih rendah. Oleh karena itu muncul inovasi produk pengolahan susu, seperti yoghurt, kefir, keju, ice cream, mentega, permen, es mambo, stik, dan sebagainya. Adanya produk olahan ini mampu meningkatkan daya konsumsi masyarakat akan susu.

“Kami berharap melalui kegiatan ini membawa perubahan terhadap pemikiran dan perilaku anak – anak untuk rajin mengonsumsi susu serta produk olahannya. Agar mendapatkan segudang manfaat yang ada didalamnya.” jelas Dimas

“Disamping itu dengan mengonsumsi susu dapat mewujudkan ketahanan susu nasional sekaligus meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian peternak sapi perah.” pungkasnya (dta)

 

Posted in Berita