Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Penerbit

Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Admin SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Kuesioner Tracer Study Bagi Stakeholders

Survey ini digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja lulusan serta wujud nyata untuk meningkatkan mutu lulusan.

Laporan Tracer Study

Tracer Study laporan dari tahun 2016, 2017 dan 2018

Informasi Seminar Hasil

Informasi Seminar Hasil terbaru mahasiswa program Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Doktor Mengabdi UB Rencanakan Pengembangan Wisata di Kecopokan – Kabupaten Malang

Doktor Mengabdi UB Rencanakan Pengembangan Wisata di Kecopokan – Kabupaten Malang

Rabu, 13 Oktober 2021
Oleh : Humas FapetUB

Dusun Kecopokan, Desa Senggreng, Kecamatan Sumber Pucung – Kabupaten Malang merupakan wilayah yang mempunyai potensi besar di bidang peternakan, perikanan, dan pertanian. Pengembangan potensi tersebut dapat menciptakan alternatif usaha berbasis inovasi teknologi. Seperti sentra penggemukan sapi potong, peningkatan produksi ikan, dan produksi unggulan padi.

Disamping itu dari segi lokasi, Desa Senggreng memiliki aksesibilitas yang baik, mudah dijangkau terhubung dengan daerah lain, dan terdapat jalur transportasi jalan raya. Sehingga mempunya posisi lokasi strategis untuk pengembangan usaha.

 

Membaca situasi itu dosen Universitas Brawijaya (UB) yang tergabung dalam tim Doktor Mengabdi, merencanakan pengembangan wisata di Dusun Kecopokan. Diketuai oleh Prof.Dr.Ir. Trinil Susilawati, M.S.,IPU.,ASEAN Eng (Fakultas Peternakan), tim terdiri dari Dr. Nanang Febrianto, S.Pt.,MP (Fakultas Peternakan), Dr. Dedes Amertaningtyas,S.Pt.,MP (Fakultas Peternakan), Hefti Salis Yufidasari, S.Pi, M.P (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), dan Sri Sulasmiyati, S.Sos, M.A.P (Fakultas Ilmu Administrasi).

Kegiatan yang dilakukan adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam bentuk pembinaan, pendampingan, dan pelatihan penanganan pascapanen ikan air tawar Serta penyampaian teknologi pengolahan ikan untuk meningkatkan daya simpan. Kegiatan itu diberikan kepada istri-istri peternak sapi potong kelompok ternak Widjikamulyan, yakni klaster sapi potong binaan Research Group Red Meat Producers Fapet UB dan Bank Indonesia cabang Malang.

Lokasi kelompok ini dekat dengan bendungan Sutami, sehingga yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan wisata dan usaha bidang perikanan dan peternakan secara bersamaan.

Program ini telah dipresentasikan melalui monitoring dan evaluasi bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UB dan Dr. Sugiarto, Sabtu (9/10/2021).

Prof. Trinil berharap melalui pengembangan usaha ikan maka mampu menguatkan perekonomian keluarga peternak sapi potong dan menjadikan desa yang Tangguh dalam kesehatan, pendidikan dan perekonomian masyarakat.

“Keberlangsungan program pengembangan kawasan wisata ini, nantinya parawisatawan dapat membeli produk masakan ikan dalam kondisi segar maupun beku, dan berada di kawasan klaster sapi potong.” pungkasnya (TS/dta)

 

 

 

Posted in Berita