Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Penerbit

Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Admin SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Kuesioner Tracer Study Bagi Stakeholders

Survey ini digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja lulusan serta wujud nyata untuk meningkatkan mutu lulusan.

Laporan Tracer Study

Tracer Study laporan dari tahun 2016, 2017 dan 2018

Informasi Seminar Hasil

Informasi Seminar Hasil terbaru mahasiswa program Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Dosen Berkarya : Ajak PT.Pasir Tengah Realisasikan Pembuatan “Yubi Grass”

Dosen Berkarya : Ajak PT.Pasir Tengah Realisasikan Pembuatan “Yubi Grass”

Jumat, 1 Oktober 2021
Oleh : Humas FapetUB

Anggota kelompok kajian Red Meat Producers Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) mengunjungi PT. Pasir Tengah yang terletak di Cibatu dan Cianjur, Jawa Barat, Kamis – Jumat (30/9 – 1/10).

Tim yang diketuai oleh Dr. Nanang Febrianto itu terdiri dari Prof. Trinil Susilawati, Rizki Prafitri, Ph.D, Artharini Irsyammawati, MP., Aulia Puspita, M.Sc., dan Asri Nurul Huda, M.Sc. Tujuan lawatan untuk menjajaki dan diskusi dalam rangka mengimplementasikan kerjasama dengan PT. Widodo Makmur Perkasa (PT. WMP) sebagai induk perusahaan PT. Pasir Tengah.

Isi perjanjian menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dikemas melalui program Dosen Berkarya (Dokar). Dimana pihak dosen Fapet UB dan staf PT. Pasir Tengah bertukar ilmu dan wawasan. Serta merencakanan pembuatan hijauan tanaman pakan ternak yang akan diberi nama “Yubi Grass”.

Selama ini RG-red meat telah bekerjasama pada unit breeding dalam rangka perbaikan manajemen reproduksi Sapi Brahman Cross yang hasilnya digunakan untuk program kemitraan pengembang biakan sapi potong.

Pasir Tengah merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembiakan dan penggemukan sapi pedaging berkapasitas 35.000 ekor. Saat ini menjalin mitra dengan petani di Jawa Tengah dan Jawa Barat untuk mencukupi kebutuhan pakan hijauan pakan ternak seluas 400 Ha disamping 35 ha lahan internal yang berlokasi di Cibatu dan Cianjur. Sedangkan untuk kebutuhan konsentrat, kedelai, serta jagung saat ini sebagian masih kemitraan, dan akan dipenuhi sendiri melalui PT. Widodofood sejahtera .

Pasir Tengah mulai menggunakan rumput pakchongyang dinilai memiliki kualitas baik dengan kandungan protein tinggi. Pakan konsentrat sapi pedaging diproduksi sendiri menerapkan prinsip least costdengan kualitas protein konsentrat antara13-15%, sehingga mampu secara konsisten mencapai target Pertambahan Bobot Badan (PBB) sapi pedaging sebesar 1,5 kg/ekor/hari.

“Kami berharap kerjasama ini mampu berjalan secara berkelanjutan sehingga melahirkan inovasi-inovasi baru. Disamping itu dapat meningkatkan efisiensi produksi skala industri sapi pedaging.” ujar Asri salah satu anggota RG Red Meat. (Anh/dta)

Posted in Berita