Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Penerbit

Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Admin SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Kuesioner Tracer Study Bagi Stakeholders

Survey ini digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja lulusan serta wujud nyata untuk meningkatkan mutu lulusan.

Laporan Tracer Study

Tracer Study laporan dari tahun 2016, 2017 dan 2018

Informasi Seminar Hasil

Informasi Seminar Hasil terbaru mahasiswa program Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Aplikasi My Police Buatan Mahasiswa UB untuk Memonitor Kecelakaan dan Kepengurusan Surat-Surat di Kepolisian

Aplikasi My Police Buatan Mahasiswa UB untuk Memonitor Kecelakaan dan Kepengurusan Surat-Surat di Kepolisian

Kamis, 15 Juli 2021
Oleh : Humas FapetUB

Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC) menciptakan aplikasi My Police. Mereka terdiri dari Zuhdan Alaik (Fakultas Peternakan/2019), Aufa Fajrul Hikmah (Fakultas Hukum/2018), Enny Lisdayanti Hasanah (Fakultas Ilmu Administrasi/2018), Abdul Munir Roja’i (Fakultas MIPA/2018), dan M. Kharis Abdurrohman (Fakultas Ilmu Komputer/2019).

Dibimbing oleh dosen Fapet, Dr. Premy Puspitawati Rahayu, S.Pt.,M.P, My Police merupakan aplikasi yang memiliki beberapa fitur layanan untuk memudahkan masyarakat melakukan kepengurusan surat-surat di kepolisian dan memonitoring kecelakaan. Serta mendekatkan pihak kepolisian kepada masyarakat sehingga meningkatkan prespektif polisi di mata masyarakat.

Aplikasi tersebut terintegrasi dengan teknologi Voice over Internet Protocol (VoIP) dan Sensor Ultrasonik berbasis android. Dengan adanya teknologi VoIP, masyarakat dapat berinteraksi via telepon dengan pihak kepolisian cukup melalui aplikasi tanpa biaya pulsa. Mengingat saat ini pandemi, fitur telepon dalam aplikasi sangat membantu dalam pelayanan kepolisian secara online.

Ketua tim, Zuhdan Alaik menjelaskan didalam aplikasi My Police terdapat tujuh fitur utama. Pertama ada Halaman Utama, yang digunakan untuk login agar pengguna dapat mengakses aplikasi ini. Kedua terdapat Halo Polisi, dimana masyarakat dapat menghubungi polisi sesuai dengan kebutuhannya, seperti laporan tindak kejahatan, lapor tanggap bencana, pemadam kebakaran, dan panduan keselamatan. Serta menyediakan informasi tentang lokasi Polres, UGD, dan SPBU terdekat.

“Di dalam fitur halo polisi juga melayani tanggap Covid-19 sebagai bentuk kepedulian polisi di tengah wabah Covid-19. Yang mana nantinya polisi bekerjasama dengan Puskesmas, klinik atau rumah sakit terdekat untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan dan keamanan kepada masyarakat.” ungkapnya

Fitur ketiga adalah E-Tilang, yang menunjukkan alur proses tilang, mulai dari tanggal sidang, tempat sidang, hingga denda yang harus dibayarkan. Pengguna dapat mengakses informasi terkait Pengadilan Negeri yang harus didatangi untuk menyelesaikan proses tilang sekaligus melakukan pembayaran melalui aplikasi My Police. 

Keempat adalah SKCK Online, pada fitur ini pengguna dapat mengurus surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) secara daring tanpa perlu mendatangi kantor polisi. Fitur kelima yakni Dokumen Kendaraan, Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengurus pembuatan ataupun perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan surat-surat kendaraan seperti STNK dan BPKB.

Keenam ada layanan Mendaftar Polisi yang digunakan untuk pengguna yang ingin mendaftarkan diri menjadi anggota kepolisian. Selain itu dalam halaman ini dilengkapi tips dan trik serta kiat-kiat dan prosedur yang harus dijalani dalam pendaftaran anggota baru kepolisian. 

Fitur ketujuh yaitu Track Record, menyediakan rekam jejak kegiatan kepolisian yang telah dilakukan. Dari fitur ini, masyarakat dapat mengetahui kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh kepolisian. 

“My Police juga terintegrasi dengan sensor ultrasonik berbasis android yang dapat digunakan sebagai monitor kecelakaan. Desain sensor terpasang di bumper mobil depan dan belakang sehingga jika terjadi kecelakaan akan mengirimkan data ke aplikasi.” terang Zuhdan

“Kami berharap dengan hadirnya My Police ini dapat mengoptimalkan seluruh layanan kepolisian terhadap masyarakat, sekaligus meningkatkan komunikasi yang aktif antara keduanya.” Pungkasnya (dta)

 

 

 

 

Posted in Berita