Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Penerbit

Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Admin SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Kuesioner Tracer Study Bagi Stakeholders

Survey ini digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja lulusan serta wujud nyata untuk meningkatkan mutu lulusan.

Laporan Tracer Study

Tracer Study laporan dari tahun 2016, 2017 dan 2018

Informasi Seminar Hasil

Informasi Seminar Hasil terbaru mahasiswa program Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Tingkatkan Kualitas Peternakan Rakyat, Tim DM UB Berikan Pelatihan dan Penyuluhan

Tingkatkan Kualitas Peternakan Rakyat, Tim DM UB Berikan Pelatihan dan Penyuluhan

Jumat, 25 Juni 2021
Oleh : Humas FapetUB

Gabungan Doktor Mengabdi (DM) Universitas Brawijaya (UB) memberikan pelatihan dan penyuluhan kepada kelompok peternak Desa Senggreng, Kabupaten Malang, Kamis (24/06/2021). 

Tim yang terdiri dari Rizki Prafitri, S.Pt, MA, PhD (Fakultas Peternakan), Dr. Ir. Kuswati, M.P., IPM, ASEAN Eng (Fakultas Peternakan), Dr. Ir. Priyo Sugeng Winarto, M.A  (Fakultas Peternakan), Onni Meirezaldi, S.Sos, MM (Fakultas Ilmu Administrasi), dan Drh. Herlina Pratiwi, M.Si (Fakultas Kedokteran Hewan) itu membagikan seputar kesehatan hewan, administrasi, dan keuangan kelompok. 

Pasalnya menurut Rizki Pafitri selaku ketua pelaksana, manajemen kelompok adalah ujung tombak dalam pengembangan kelompok ternak. Di samping pengetahuan dan wawasan tentang kesehatan ternak.

Menurutnya pertemuan rutin dan diskusi merupakan bagian penting dalam manajemen kelompok untuk membahas permasalahan yang terjadi dalam internal secara kekeluargaan, sehingga kondisi manajemen menjadi sehat dan terbuka. Semakin lengkap dan tertib administrasi yang dimiliki, maka akan membantu kelompok dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi.

“Semakin berkembang sebuah kelompok, maka permasalahan yang dihadapi akan semakin kompleks, terutama jika kelompok sudah mendapatkan pemasukan yang cukup besar. Oleh karena itu, pencatatan administrasi dan keuangan, menjadi sangat penting untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi.” ungkap Rizki

Di sisi lain, pertanyaan yang sering dilontarkan peserta adalah tentang penyakit diare dan sembelit yang sering menyerang ternak mereka. Kuswati, ahli sapi potong berpendapat, diare pada ternak umumnya disebabkan oleh bakteri, virus, dan parasit. 

Karena diare merupakan penyakit menular, maka peternak disarankan untuk memisahkan ternak yang sakit dan sehat agar tidak tertular. Selain itu peternak dapat memberikan cairan elektrolit pada ternak untuk mengembalikan kondisi ternak yang terkena diare.

Kegiatan pelatihan dan penyuluhan ini merupakan bagian dari kerjasama antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang dengan Fapet UB yang telah berjalan sejak tahun 2020. Sasarannya adalah kelompok ternak di Desa Senggreng, seperti Widji Kamulyan, Rojo Koyo, Mekar Tani, dan Sumber Duren.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan Kantor Bank Indonesia Malang, Santi turut pula hadir. Dia mengatakan tujuan penyelanggaraan kegiatan pelatihan dengan menggandeng Fapet UB adalah untuk meningkatkan kualitas peternakan rakyat khususnya di Desa Senggreng dan berkontribusi dalam perekonomian negara secara umum. 

“Kami (Bank Indonesia) mengharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan usaha peternakan sapi potong dan pendapatan masyarakat.” pungkasnya (dta

 

Posted in Berita