Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Penerbit

Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Admin SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Kuesioner Tracer Study Bagi Stakeholders

Survey ini digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja lulusan serta wujud nyata untuk meningkatkan mutu lulusan.

Laporan Tracer Study

Tracer Study laporan dari tahun 2016, 2017 dan 2018

Informasi Seminar Hasil

Informasi Seminar Hasil terbaru mahasiswa program Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Teknologi Penetasan Buatan untuk Tingkatkan Produktivitas Ayam Joper

Teknologi Penetasan Buatan untuk Tingkatkan Produktivitas Ayam Joper

Rabu, 16 September 2020
Oleh : Admin Fapet

Ayam joper ialah akronim ayam jowo super yang merupakan persilangan ayam ras petelur betina dan ayam jantan kampung. Persilangan yang dikembangkan Balai Penelitian Ternak Unggas Dirjen Peternakan Departemen Pertanian sejak 2008 itu untuk mengoptimalkan produktivitas.
Pasalnya daging dan telur ayam kampung memiliki kandungan gizi yang tinggi dan kian digemari. Akan tetapi pada tahap budidaya terkendala tingkat pertumbuhan yang relatif lamban, serta kontinyuitas dan keseragaman bibit. Sedangkan pertumbuhan ayam ras lebih pesat dan efisien dalam mengkonversi pakan menjadi produk daging dan telur.
Sebagai pemenuhan produksi hewani untuk masyarakat konsumen, Pemerintah provinsi Jawa Timur memberikan hibah ayam Joper kepada masyarakat yang berlokasi di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Mereka membentuk kelompok ternak bernama Kelompok Peternak Kejora (Kelompok Peternak Jowo Super Malang Raya) yang mewadahi peternak agar dapat berdialog dan berdiskusi tentang budidaya ayam Joper.
Namun saat ini populasi ayam Joper dari kelompok ternak yang beranggotakan 40 orang tersebut belum berkembang dengan pesat. Sebab pengetahuan tentang manajemen pemeliharaan dan teknologi penetasan buatan yang masih minim.
Oleh karenanya tim dosen Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) minat produksi unggas berinisiatif memberikan penyuluhan kepada kelompok ternak Kejora melalui pengabdian masyarakat secara daring, Selasa (15/09/2020).
Pelatihan yang diikuti oleh 54 peserta itu diberikan oleh Dr. Ir. Edhy Sudjarwo, MS. yang memaparkan tentang teknologi mesin tetas tipe Still Air. Serta Heni Setyo Prayogi S.Pt. M.ASc. mengenai teknologi mesin tetas tipe Force Draught.

Menurut Edhy penyebaran panas pada mesin tetas jenis still air terpancar pada satu titik ke permukaan telur saja, akibatnya penerimaan panas tidak merata. Sehingga harus dilakukan pemutaran telur agar mendapat panas yang merata. Kelembaban udara hanya diperoleh dari uap air didalam nampan/bak air yang ditempatkan di bawah rak telur. Biasanya mesin tetas jenis ini digunakan pada mesin tetas sederhana dengan kapasitas telur sekira 100 – 350 butir.
Sedangkan aliran udara pada tipe forced air penyebarannya dipaksakan memanfaatkan kipas angin, sehingga terjadi sirkulasi udara yang mengalir didalam ruang mesin tetas. Membangun mesin tetas kapasitas besar dengan jenis forced air harus mempertimbangkan berbagai perubahan thermodinamika atau sifat pemerataan panas dan kelembaban akibat perubahan ukuran inkubator dan disainnya dimana inkubator ukuran besar menuntut rancangan rak bersusun untuk efisiensi ruangan.
“Kami berharap melalui pelatihan singkat ini dapat memberikan pengetahuan peternak tentang mesin penetas sehingga kedepannya dapat meningkatkan jumlah produksi ayam joper di Kabupaten Malang.” pungkas Edhy (dta)

Posted in Berita