Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Penerbit

Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Admin SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Kuesioner Tracer Study Bagi Stakeholders

Survey ini digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja lulusan serta wujud nyata untuk meningkatkan mutu lulusan.

Laporan Tracer Study

Tracer Study laporan dari tahun 2016, 2017 dan 2018

Informasi Seminar Hasil

Informasi Seminar Hasil terbaru mahasiswa program Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Pengmas : Mahasiswa & Dosen Fapet UB Lakukan Pemeriksaan Kebuntingan dan Gangguan Reproduksi

Pengmas : Mahasiswa & Dosen Fapet UB Lakukan Pemeriksaan Kebuntingan dan Gangguan Reproduksi

Senin, 2 November 2020
Oleh : Admin Fapet

Rendahnya produksi daging sapi di Indonesia dipengaruhi oleh pertumbuhan produktivitas populasi ternak lokal yang lambat. Sehingga pemerintah menaikkan nilai impor karena peternak belum mampu mencukupi swasembada daging.
Menurut Guru Besar Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB), Prof.Dr.Ir. Trinil Susilawati.,MS.,IPU.,ASEAN Eng, salah satu upaya meningkatkan produktivitas dan mutu genetik ternak adalah dengan melakukan Inseminasi Buatan (IB).
IB atau disebut juga kawin suntik merupakan teknik memasukkan sperma (semen) ke dalam saluran alat kelamin betina dengan menggunakan alat khusus yang disebut Insemination gun. Namun untuk mengoptimalkan hasilnya semen yang digunakan berasal dari ternak jantan unggul dan melalui proses uji kualitas.
Penerapan teknologi IB dapat mengkombinasikan penggunaan semen sexing beku double dosis atau dua straw dalam satu kali proses. Maka dengan jumlah spermatozoa yang banyak diharapkan dapat meningkatkan peluang keberhasilan kebuntingan.
Disamping itu reproduksi ternak sapi betina adalah penentu keberhasilan kebuntingan baik hasil intensifikasi kawin alami maupun IB. Oleh karenanya mahasiswa Program Pascasarjana dan Dosen Fapet UB yang tergabung dalam tim pusat studi ternak pedaging melakukan pengabdian masyarakat (pengmas) di Desa Senggreng, Kecamatan Sumber Pucung –  Kabupaten Malang, Jumat (30/10/2020).
Pada kesempatan itu mereka bersama Drh. Wawandari (Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari) melakukan pemeriksaan gangguan reproduksi pada sapi menggunakan Ultra Sono Grafi. Selanjutnya pengecekan kebuntingan hasil IB menggunakan double dosis yang telah dilakukan dua bulan lalu.
Kegiatan tersebut merupakan serangkaian kegiatan pembentukan program klaster sapi potong di Kabupaten Malang yang digagas tim pusat studi ternak pedaging UB, Bank Indonesia (BI) Cabang Malang serta Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang.
Bertujuan untuk mewujudkan swasembada daging nasional dengan menguatkan pembibitan sapi potong lokal. Sehingga dapat meningkatkan populasi sapi potong dan menekan jumlah impor daging sapi maupun produk olahannya. (nien/dta)

Posted in Berita