Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Penerbit

Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Admin SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Kuesioner Tracer Study Bagi Stakeholders

Survey ini digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja lulusan serta wujud nyata untuk meningkatkan mutu lulusan.

Laporan Tracer Study

Tracer Study laporan dari tahun 2016, 2017 dan 2018

Informasi Seminar Hasil

Informasi Seminar Hasil terbaru mahasiswa program Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Pentingnya Bentuk Kelompok Ternak untuk Pengembangan Usaha Pengembangbiakan Sapi

Pentingnya Bentuk Kelompok Ternak untuk Pengembangan Usaha Pengembangbiakan Sapi

Kamis, 17 September 2020
Oleh : Admin Fapet

Penggagas program pengembangan klaster sapi potong di Kabupaten Tuban dan Lamongan, sekaligus ketua Research Group (RG) Dosen Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) bernama “kelompok klaster sapi potong”, Prof. Trinil Susilawati berpendapat bahwa usaha pengembangbiakan sapi potong dapat menuai profit. Apabila memperhatikan pengaturan sistem perkawinan, penyediaan pakan secara mandiri, dan memanfaatkan limbah pertanian dengan sentuhan teknologi.
Langkah-langkah tersebut dapat dilakukan jika peternak individu bergabung dalam kelompok ternak. Sebab melalui kelompok ternak, para peternak dapat saling mendukung dan membantu, berdiskusi, belajar, dan bekerjasama memperbaiki sistem manajemen. Oleh karenanya kelompok ternak memiliki peranan penting dalam upaya pengembangan usaha pengembangbiakan, khususnya untuk ternak sapi.
Penjelasan itu disampaikan oleh Rizki Prafitri Ph.D selaku ketua pelaksana program pembentukan klaster sapi potong di Kabupaten Malang yang diprakarsai oleh RG kelompok klaster sapi potong, dalam kegiatan penyuluhan kepada peternak di Dusun Kecopokan Desa Senggreng, Kabupaten Malang, Rabu (16/09/2020).
“Kami berharap lewat kegiatan ini peternak yang belum tergabung dalam kelompok ternak, agar segera join. Lalu bagi yang sudah membentuk kelompok agar dapat mengembangkan ilmu dan pengetahuan tentang peternakan bersama-sama kelompoknya.” Ujar Kiki (sapaan Rizki) yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Minat Sosial Ekonomi Peternakan di Fapet UB
“Tim pendamping klaster sapi potong akan melakukan pendampingan secara berkelanjutan hingga terbentuk klaster sapi potong di Kecamatan Sumber Pucung.” sambungnya
Program tersebut merupakan kerjasama antara RG kelompok klaster sapi potong Fapet UB, Bank Indonesia (BI) Cabang Malang serta Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang dalam upaya membentuk klaster sapi potong di Kabupaten Malang.
Bertujuan untuk mewujudkan swasembada daging nasional dengan menguatkan pembibitan sapi potong lokal. Sehingga dapat meningkatkan populasi sapi potong dan menekan jumlah impor daging sapi maupun produk olahannya. (nien/dta)

Posted in Berita