Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Penerbit

Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Admin SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Kuesioner Tracer Study Bagi Stakeholders

Survey ini digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja lulusan serta wujud nyata untuk meningkatkan mutu lulusan.

Laporan Tracer Study

Tracer Study laporan dari tahun 2016, 2017 dan 2018

Informasi Seminar Hasil

Informasi Seminar Hasil terbaru mahasiswa program Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Program Klaster Sapi Potong untuk Wujudkan Swasembada Daging Nasional

Program Klaster Sapi Potong untuk Wujudkan Swasembada Daging Nasional

Senin, 24 Agustus 2020
Oleh : Admin Fapet

Usaha untuk mewujudkan swasembada daging nasional adalah penguatan pembibitan sapi potong lokal. Sehingga dapat meningkatkan populasi sapi potong dan menekan jumlah impor daging sapi maupun produk olahannya.
Hal tersebut diungkapkan oleh Dosen Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB), Prof. Trinil Susilawati. Bersama dengan tim pusat studi ternak pedaging UB dan Bank Indonesia, ia membentuk program klaster sapi potong di Kabupaten Malang. Tepatnya berlokasi di Desa Senggreng Kecamatan Sumberpucung.
“Menurut hasil survey dan pengamatan kami, kelompok ternak disana memiliki potensi untuk penerapan program pembentukan klaster pembibitan sapi potong. Oleh karenanya kami ingin membuat sebuah percontohan sistem pembibitan sapi potong yang berbasis komersil.” jelas Trinil
“Selain itu kegiatan ini bersinergi dengan program pemerintah didalam peningkatan populasi sapi potong bernama SIKOMANDAN (sapi kerbau komoditas andalan dalam negeri).” lanjutnya

program klaster sapi potong untuk penguatan swasembada daging nasional

Kegiatan perdana dilakukan dengan sosialisasi program klaster sapi potong kepada kelompok ternak “Rojo Koyo” Desa Senggreng, Senin (24/08/2020). Dilanjutkan pendampingan Inseminasi Buatan (IB) dengan menggunakan double dosis (dua straw untuk satu kali IB) kepada 53 ekor sapi.
Meskipun dilakukan secara tatap muka kegiatan berjalan sesuai dengan protokol kesehatan. Pada kesempatan itu dihadiri Dekan Fapet UB, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Malang, Kepala Desa Senggreng, dan perwakilan Pimpinan Bank Indonesia Malang.
Tahun lalu tim riset grup yang digawangi Prof. Trinil ini telah sukses membina kelompok ternak sapi potong di Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro hingga mendapatkan juara nasional.
“Kami berharap program klaster sapi potong di Desa Senggreng juga menuai kesuksesan seperti kelompok ternak binaan kami di Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro.” pungkasnya (nien/dta)

Posted in Berita