Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Siado

Lecturer Academic Information System.

SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Teliti Daya Saing Usaha Ternak Sapi Bali di Kabupaten Sumbawa, Dosen Samawa Peroleh Gelar Doktor

Teliti Daya Saing Usaha Ternak Sapi Bali di Kabupaten Sumbawa, Dosen Samawa Peroleh Gelar Doktor

Jumat, 27 September 2019
Oleh : Admin Fapet

Dosen Fakultas Peternakan Universitas Samawa, Sumbawa Besar, Sudirman, S.Pt.,M.Si mendapatkan gelar doktor usai menempuh ujian terbuka disertasi, Kamis (26/09/2019). Ia tercatat sebagai mahasiswa Program Doktor Ilmu Ternak di Program Pascasarjana Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB).
Penelitian yang dibimbing oleh Prof. Budi Hartono, Prof. Ifar Subagiyo, dan Dr. Bambang Ali Nugroho itu mengusung tentang daya saing usaha ternak sapi bali di wilayah pesisir kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pasalnya sebagai kabupaten terluas di NTB, kabupaten Sumbawa merupakan salah satu daerah penghasill ternak potong dan ternak bibit tertinggi dengan jumlah populasi yang terus meningkat.
Sudirman menuturkan bahwa salah satu upaya untuk meningkatkan produksi dalam negeri guna memenuhi permintaan pasar ialah mengoptimalkan wilayah-wilayah strategis yang berpotensi untuk pengembangan ternak sapi potong lokal secara efisien dan berdaya saing. Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dinilai sebagai salah satu wilayah strategis yang berpotensi untuk dikembangkan dalam memenuhi permintaan tersebut.

foto bersama komisi pembimbing dan penguji usai ujian terbuka disertasi

 
Oleh karenanya ia melakukan penelitian di kecamatan Plampang, kecamatan Utan, dan kecamatan Moyo Hilir, untuk menganalisis tingkat keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif menurut tipologi usaha ternak sapi Bali di wilayah pesisir Kabupaten Sumbawa.
Penentuan responden melalui dua tahap, yakni pada tahap awal memilih responden untuk menentukan sistem produksi (tipologi usaha) ternak sapi bali yang paling prevalen. Selanjutnya responden dengan tipologi yang prevalen, dipilih kembali menjadi responden untuk pendalaman informasi terhadap tipologi usaha.
Hasil penelitian menunjukkan, usaha ternak sapi bali yang berada di wilayah pesisir kabupaten Sumbawa dikelola oleh peternak yang tergolong pada kelompok umur muda dan terproduktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peternak sapi bali di wilayah pesisir kabupaten Sumbawa menurut tipologi usaha memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif.
Dimana perubahan harga input output berpengaruh terhadap efisiensi dan daya saing usaha ternak sapi bali di wilayah pesisir kabupaten Sumbawa. Kenaikan harga input dan penurunan harga output menyebabkan penurunan efisiensi dan daya saing usaha ternak sapi bali. Sebaliknya jika terjadi penurunan harga input dan kenaikan harga output akan meningkatkan efisisensi dan daya saingnya. (dta)
 
 
 

Posted in Berita