Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Siado

Lecturer Academic Information System.

SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Sambangi IPB dan ITB, Tim Pengelola Jurnal Fapet UB Belajar Manajemen Pengelolaan Jurnal Terindeks Scopus

Senin, 9 Januari 2017
Oleh : Admin Fapet

image003 

Tim pengelola jurnal Fakultas Peternakan (Fapet) UB melakukan sosilalisasi sekaligus belajar manajemen pengelolaan jurnal terindes scopus di IPB dan ITB, (27-28 Desember 2016). Terdiri dari  Dr. Herly Evanuarinih, Dr. Gatot Ciptadi, Dr. Siti Azizah, Firman Jaya, MP., Aulia Puspita AY, M.Sc, dan Aswah Ridhowi, M.Sc. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya UB, khususnya Fapet untuk mensosialisasikan keberadaan tiga jurnal yang ada di Fakultas. Seperti JIIP, Jurnal Ternak Tropika, dan JITEK.

Mereka disambut oleh Ketua Pengelola Jurnal Media Peternakan IPB, yaitu Prof. Komang.  Pada kesempatan ini Tim dari Fapet-UB mendapat penjelasan mengenai pengelolaan jurnal Media Peternakan yang sudah berjalan hingga mendapatkan Akreditasi Nasional dan terindeks scopus. Media Peternakan merupakan jurnal dibidang peternakan pertama di Indonesia yang berhasil terindeks scopus.

Menurut Komang, untuk dapat terindeks scopus, mereka melakukan perbaikan pada berbagai hal. Antara lain meningkatkan jumlah artikel yang berkualitas, melakukan komunikasi dengan calon reviewer jurnal internasional yang bereputasi, Memperbaikan sistem manajemen administrasi Internal, dan mendatangkan chief editor dari beberapa jurnal yang terindeks scopus untuk memberikan sharing pengalaman.

Selain upaya tersebut institusi juga memberikan dukungan yang besar dengan menyediakan berbagai fasilitas fisik dan finansial. Serta penyediaan ruang dengan fasilitas yang memadai dan petugas pelaksana khusus sebagai fungsi administrai dibidang publikasi. Keterlibatan dosen dalam pengelolaan jurnal bersifat sebagai konseptor dan komunikator, sedangkan aspek teknis layanan dan operasional harian dilakukan oleh staf khusus.

Berbeda dengan IPB, Pengelolaan jurnal terindeks scopus di ITB dikelola secara terpusat oleh LPPM-ITB. Pengalaman ITB dalam mendapatkan akreditasi internasional terindeks scopus telah dimulai lebih awal yaitu sejak tahun 2003. Dari sisi manajamen pengelolaan, pola antara IPB dan ITB dalam mengelola jurnal memiliki kesamaan tahapan. Meskipun demikian kedua pengelola jurnal baik ITB dan IPB masih memiliki keterbatasan diantaranya adalah sebaran penulis yang menyerahkan artikel publikasi sebagian besar masih berasal dari dalam negeri, sehingga tahun-tahun yang akan datang diharapkan lebih menyebar. Berkaca pada kenyataan diatas, pengelola Jurnal di  Fakultas Peternakan UB semakin terpacu untuk segera mendapatkan akreditasi nasional dan internasional terindeks scopus. (tim/dta)

 

Posted in Berita