Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Siado

Lecturer Academic Information System.

SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Peran Serta Dosen Fapet UB dalam Expo Pembangunan 2019 di Kabupaten Malang

Peran Serta Dosen Fapet UB dalam Expo Pembangunan 2019 di Kabupaten Malang

Jumat, 6 September 2019
Oleh : Admin Fapet

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang mengadakan Expo Pembangunan 2019, dalam rangka merayakan hari jadi Kabupaten Malang ke 1259. Kegiatan tersebut merupakan program unggulan Kabupaten Malang sebagai upaya mempromosikan potensi dari berbagai sektor sekaligus meningkatkan investasi.
Pada sektor peternakan terdapat dua kegiatan yang digelar, yakni kontes ternak dan lomba cipta menu berbahan keju. Sebagai instansi yang memiliki pakar bidang peternakan dosen Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) dipercaya menjadi juri kontes ternak.
Oleh karenanya Fapet UB mengirimkan dosen produksi ternak yang terdiri dari Dr. Kuswati, Dr. Agus Budiarto, Wike Andre Septian, S.Pt.,M.Si, Dr. Nuryadi (purna tugas), dan Dr. Hary Nugroho (purna tugas). Bertempat di halaman luar stadion Kanjuruhan Kepanjen, acara yang berlangsung selama dua hari, Kamis-Jumat (5-6/09/2019) ini diikuti oleh peternak dari seluruh Kabupaten Malang.
Kuswati menjelaskan bahwa ada dua kategori ternak yang dilombakan, yaitu sapi potong dan sapi perah. Pada sapi potong terdapat tiga jenis golongan yakni sapi hasil akhir silangan inseminasi buatan (IB) atau yang disebut kereman ekstrim, sapi bakalan kereman, dan calon indukan. Sedangkan pada sapi perah hanya calon indukan saja.
“Jenis sapi potong yang dapat mengikuti kontes ialah sapi yang digemukkan dengan sistem kereman. Yaitu pemeliharaannya di dalam kandang dengan pakan dasar berupa hijauan serta pakan tambahan.” katanya
Syarat ternak yang akan mengikuti kontes pun berbeda-beda. Misalnya pada sapi kereman ekstrim umur sapi harus diatas dua tahun dan memiliki gigi tetap poel minimal dua pasang. Apabila gigi tetap poel kurang dari dua pasang termasuk kategori pada sapi bakalan kereman. Lalu pada calon indukan baik sapi potong maupun perah harus berumur maksimal satu tahun dan memiliki gigi tetap poel maksimal satu pasang.
Rangkaian Expo Pembangunan 2019 juga disemarakan dengan adanya festival kuliner, pagelaran seni dan budaya, lomba canting dan gelar motif batik, lomba mewarna untuk anak-anak, fun cooking competition, serta kontes kopi dan barista. (dta)

Posted in Berita