Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Siado

Lecturer Academic Information System.

SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Pengabdian Kepada Masyarakat, KIM Fapet UB Adakan Pelatihan Pembuatan Silase dan Pengolahan Limbah Biogas

Kamis, 18 Januari 2018
Oleh : Admin Fapet

kim mengabdi-limbah kim mengabdi-silase

Salah satu program kerja UKM Kelompok Ilmiah Mahasiswa (KIM) Fakultas Peternakan UB adalah pengabdian kepada masyarakat, bertajuk “KIM Mengabdi”. Kegiatan tersebut rutin diselenggarakan setiap tahunnya dimana tahun 2018 masuk tahun ke empat dalam pelaksanaannya.

KIM mengabdi IV kali ini dilaksanakan di Desa Kemantren, Kecamatan Jabung- Kabupaten Malang. Pengabdian dilakukan selama 10 hari dengan diisi berbagai kegiatan. Seperti magang ke peternak langsung, mentoring siswa SMA, serta pelatihan pembuatan silase dan pengolahan limbah biogas kepada masyarakat.

Silase ialah pakan ternak yang telah diawetkan setelah melalui beberapa tahapan. Pembuatan pakan ternak silase dilakukan di kediaman salah satu peternak, Ajiz. Dengan dihadiri oleh 15 orang peternak yang berasal dari kawasan sekitar lokasi pengabdian.

Dalam proses pembuatannya baik mahasiswa maupun peternak terjun langsung ke lapangan. Para peternak sangat antusias sebab selama ini mereka hanya mendapatkan teori tanpa melakukan praktek secara langsung.

Sementara itu di hari yang berbeda diadakan pelatihan pengolahan limbah biogas. Kegiatan dilakukan di lokasi peternakan milik Widodo. Target pelatihan kali ini adalah para pemuda Karang Taruna Desa Kemantren. Kegiatan yang dihadiri oleh 15 orang pemuda desa mendapatkan respon dan antusiasme yang sangat baik.

Pasalnya usai mendapatkan teori mereka meminta untuk mengaplikasikan pengolahan limbah secara langsung di rumah peternak milik Ajiz. Pelatihan ini dipandu oleh pemateri yakni mahasiswa Fapet yang pernah lolos pendanaan PKM DIKTI.

Kegiatan tidak berhenti disitu saja, setelah berakhirnya masa pengabdian akan ada keberlanjutan program. Yaitu pengecekkan silase, pembalikkan pupuk dan mentoring keberlanjutan yang akan dilakukan setiap sebulan sekali. Harapannya, dengan adanya pelatihan pengolahan pakan dan pengolahan limbah tersebut dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Kemantren dan sebagai bentuk pengaplikasian ilmu peternakan. (ije/msf/dta)

 

Posted in Berita