Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Siado

Lecturer Academic Information System.

SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Pelatihan Kepemimpinan Manajerial Mahasiswa Fakultas peternakan UB

Senin, 6 Juni 2016
Oleh : Admin Fapet

PELATIHAN

Suryono, S.Pt memberikan pelatihan motivasi kepada mahasiswa Fapet secara ciamik

Wakil Dekan III Fakultas Peternakan UB, Dr.Ir.Osfar Sjofjan, M.Sc menggelar kegiatan pelatihan kepemimpinan manajerial bagi mahasiswa yang diselenggarakan selama 2 hari, yakni Jumat-Sabtu (3-4/6). Kegiatan tersebut merupakan agenda wajib Wadek III di setiap Fakultas yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan pemahamannya. Bertempat di Ruang sidang utama lt.5 Gd.V kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan tiap-tiap UKM, BEM, dan DPM serta ISMAPETI (Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia).
Materi pelatihan kali ini mengulik beberapa bidang antara lain kepemimpinan, jurnalistik, dan kewirausahaan. Menurut Osfar tujuan memberikan pelatihan tersebut ialah untuk mengasah kemampuan mahasiswa di bidang non akademis agar mereka memiliki ketrampilan dan wawasan. Kegiatan yang disambut antusias oleh para peserta ini dibagi kedalam 2 sesi dimana sesi pertama membahas tentang kepemimpinan dan jurnalistik yang dilaksanakan pada Jumat (3/6) sedangkan kewirausahaan dikupas pada Sabtu (4/6).
Pada materi kepemimpinan manajerial mengundang Dr.Ir.Eko Widodo, M.Agr.Sc.M.Sc, staf ahli Wakil Rektor III UB yang juga merupakan mantan Wadek III Fapet periode 2011-2015 dan Dr.Ir.Abd. Rahem Faqih, M.Si selaku Wadek III Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UB, kedua pemateri tersebut membahas tentang leadership. Sementara itu pada materi pelatihan jurnalistik menghadirkan wartawan majalah trobos sebagai narasumber.
Narasumber materi kewirausahaan yaitu Dr.Drs.Suryadi, MS yang merupakan wakil dekan bidang kemahasiswaan UB Kediri. Beliau menyampaikan tentang kiat-kiat menggapai Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) agar lolos didanai DIKTI. Pada kesempatan tersebut Dr.Ir.Osfar Sjofjan, M.Sc juga memberikan materi mengenai strategi berwirausaha.
Alumni Fapet UB yang sukses menekuni dunia wirausaha juga turut diundang, mereka ialah Rismi, S.Pt dan Suryono, S.Pt. Dunia usaha bidang peternakan di Indonesia disampaikan oleh Rismi, melalui kesempatan ini ia membuka mata peserta bahwa dunia peternakan itu luas. Tidak melulu harus bekerja di kandang maupun industri peternakan. Sementara itu Suryono menyampaikan tentang motivasi dan jiwa kewirausahaan, dengan semangat berapi-api ia menghidupkan suasana yang terasa mulai loyo. Adrenalin peserta diuji saat Suryono menantang mereka untuk berjalan di atas pecahan botol kaca. Berbekal keyakinan, pikiran, dan ucapan yang positif para peserta satu per satu mampu melewati tantangan tersebut. Pelajaran yang dapat dipetik dari aksi tersebut yakni sesuatu yang terlihat tidak mungkin sangat mudah untuk dilalui apabila kita yakin, serta berpikir dan mengucapkan hal-hal yang positif untuk memotivasi diri. Pada akhir kegiatan alumni Fapet tahun ’98 ini memberikan saran kepada junior-juniornya agar bekerja setelah lulus menyandang gelar Sarjana kelak, untuk mencari pengalaman jika ingin membangun bisnis. Karena menurut hasil survey 43% bisnis dimulai dari pengalaman bekerja. Namun apabila belum menemukan bisnis yang sesuai disarankan masuk industri sesuai passion. (dta)
 

Posted in Berita