Jurnal Fapet

Portal Jurnal-jurnal Peternakan terlengkap yang dihasilkan oleh Dosen-dosen di lingkup Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya.

Tracer Study

Hasil tracer study untuk peningkatan kualitas internal dan eksternal fapet ub. Kami sangat menjamin kerahasiaan informasi yang diberikan.

Download Borang

Kumpulan Borang Fakultas Peternakan

Siado

Sistem Informasi Akademik Dosen

SIMITA

Sistem Informasi Peminatan dan Tugas Akhir

Komplain

Keluhan yang disampaikan akan kami sampaikan kepada unit kerja terkait melalui pimpinan Universitas Brawijaya. Seluruh keluhan akan dikelola oleh PIDK (Pusat Informasi, Dokumentasi dan Keluhan).

Repository

Kumpulan draft manuskrip jurnal mahasiswa S1 Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya

PKBR

Informasi Pembinaan Karakter Berbasis Religi

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Memakai toga, menenteng ijazah, berdandan istimewa, berjabat tangan dengan Rektor, memasuki Gedung Samantha didampingi keluarga dan sahabat  adalah impian calon wisudawan sejak menjadi mahasiswa baru. Berangan-angan untuk membawa kenangan cerita betapa bahagia dan bangganya pada hari itu kepada anak cucu kelak.

Namun harapan itu pupus oleh pandemi virus Covid-19 seperti sekarang. Sebab pelaksanaan wisuda seperti yang telah dikhayalkan untuk sementara waktu tidak lagi diselenggarakan entah sampai kapan.

Universitas Brawijaya (UB) mencari jalan mewujudkan mimpi-mimpi tersebut meski lewat dunia maya. Pasalnya mulai Sabtu (24/10/ 2020) wisuda lulusan program Vokasi, Sarjana, Profesi, dan Pascasarjana digelar secara online (daring). Kegiatan daring perdana itu mengikuti aturan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran.

Meskipun daring ada satu orang perwakilan dari setiap fakultas yang dibolehkan mengikuti prosesi wisuda secara langsung. Pemilihan perwakilan ditentukan oleh panitia, lalu bagi yang lain mengikuti secara daring dari tempat masing-masing.

Suasana hening, tidak ada tim Paduan Suara, tidak ada sorak ramai orang tua atau wali, dan tidak nampak undangan-undangan lain. Dekan memberikan Ijazah kepada perwakilan wisudawan, sedangkan nama-nama wisudawan lainnya dipanggil satu-per satu oleh pembawa acara seraya menampilkan foto yang bersangkutan di layar LED.

Proses wisuda pun berlangsung dengan cepat karena tidak ada antrian bersalaman dengan Rektor dan Dekan. Meskipun lewat daring namun  tidak mengurangi kekhikmatan dan makna dari arti wisuda.

Wisuda berarti upacara pengukuhan bagi mahasiswa yang telah merampungkan masa studi. Menghapus status mahasiswa  menjadi alumni dan mengesahkan atas gelar Ahli Madya, Sarjana, Master, maupun Doktor yang diraih.

Walau sebelumnya muncul kontroversi pelaksanaan wisuda daring di UB, namun pelaksanaan kali ini disambut antusias oleh calon-calon wisudawan. Bagi sebagian beranggapan bahwa ini adalah pengalaman yang unik belum semua orang beruntung mendapatkannya. Selain itu juga lebih efisien secara waktu dan ekonomi.

“Setidaknya ini merupakan kenangan yang sangat indah bagi para wisudawan. Seumur hidup mengikuti wisuda secara daring yang kita tidak mengetahui apakah tahun depan masih menggunakan cara seperti ini.” jelas Prof. Suyadi selaku Dekan Fapet UB

Lanjutnya ia mengharapkan agar kegiatan ini memberikan berkah bagi semuanya. Khususnya untuk para wisudawan semoga ilmu yang telah diperolah memberikan manfaat kehidupan, membawa kebahagiaan, dan kejayaan. (suyadi/dta)