JURNAL FAPET

Portal Jurnal-jurnal Peternakan terlengkap yang dihasilkan oleh Dosen-dosen di lingkup Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya.

TRACER STUDY

Hasil tracer study untuk peningkatan kualitas internal dan eksternal fapet ub. Kami sangat menjamin kerahasiaan informasi yang diberikan.

DOWNLOAD BORANG

Kumpulan Borang Fakultas Peternakan

SIADO

Sistem Informasi Akademik Dosen

SIMITA

Sistem Informasi Peminatan dan Tugas Akhir

KOMPLAIN

Keluhan yang disampaikan akan kami sampaikan kepada unit kerja terkait melalui pimpinan Universitas Brawijaya. Seluruh keluhan akan dikelola oleh PIDK (Pusat Informasi, Dokumentasi dan Keluhan).

REPOSITORY

Kumpulan draft manuskrip jurnal mahasiswa S1 Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya

PKBR

Informasi Pembinaan Karakter Berbasis Religi

FapetUB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Mutu Genetik Sapi Perah Bisa Dilihat dari Catatan Produksi Susu, Jarak Beranak, dan Sifat Linear Tubuh

Disertasi terbuka Ir. Agus Susanto, M.Agr.Sc

Ukuran linear tubuh ternak memiliki hubungan secara genetis (berkolerasi genetik) satu sama lain maupun dengan produksi susu, sifat reproduksi, dan daya tahan ternak terhadap radang ambing (mastitis).

Pernyataan itu dikatakan oleh Dosen Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman, Ir. Agus Susanto, M.Agr.Sc, setelah melakukan penelitian genetik sapi perah Frisian Holstein (FH) di Balai Besar Pembibitan Ternak Ungggul dan Hijauan Pakan Ternak (), Baturaden – Jawa Tengah.

Ia memaparkan bahwa evaluasi mutu genetik sapi perah di Indonesia hanya difokuskan pada sifat produksi susu, yang dilakukan oleh BBPTUHPT sebagai pusat pembibitan sapi perah nasional.

Sedangkan peningkatan produksi susu di negara-negara maju dilakukan dengan menerapkan program seleksi. Namun langkah itu mempengaruhi performa reproduksi dan kesehatan ternak yang mengalami penurunan.

Asosiasi sapi FH dunia bernama World Holstein Friesian Federation (WHFF) merekomendasikan untuk menyertakan karakter ukuran linear tubuh dalam program peningkatan mutu genetik sapi perah.

Karena ukuran linear tubuh memiliki potensi yang dapat digunakan dalam program seleksi tak langsung. Tujuannya untuk meningkatkan performa reproduksi dan daya tahan ternak terhadap (mastitis) karena adanya korelasi genetik.

Tujuan penelitian yang ia lakukan untuk memperoleh gelar doktor di Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) ini antara lain mendapatkan parameter fenotipik dan genetik produksi susu, sifat linear tubuh, jarak beranak (calving interval), dan ukuran tubuh linear.

“Disisi lain juga untuk mendapatkan korelasi genetis antara sifat linear tubuh dengan produksi susu dan calving interval.” katanya

Hasil penelitian menunjukkan bahwa heritabilitas dan korelasi genetik relatif rendah. Penurunan performa reproduksi dapat dikurangi dengan memasukkan karakter jarak beranak dalam indeks seleksi. Sedangkan peningkatan daya tahan ternak terhadap mastitis dapat dilakukan dengan program seleksi menggunakan karakter kedalaman ambing sebagai kriteria seleksi.

Saran untuk memperbaiki mutu genetik ialah membenahi database produksi susu dan jarak beranak. Serta menyusun indeks seleksi ekonomi untuk meningkatkan produksi susu, menurunkan jarak beranak dan meningkatkan daya tahan ternak terhadap mastitis sehingga keuntungan ekonomis dari program seleksi dapat dihitung.

Pelaksanaan ujian akhir disertasi terbuka dilaksanakan, Selasa (3/12/2019) di ruang rapat senat lt.6 Gd.V Fapet UB. Usai melakukan presentasi tim promoter dan penguji menyatakan bahwa Ir. Agus Susanto.,M.Agr.Sc lulus dan berhak menyandang gelar doktor. (dta)