JURNAL FAPET

Portal Jurnal-jurnal Peternakan terlengkap yang dihasilkan oleh Dosen-dosen di lingkup Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya.

TRACER STUDY

Hasil tracer study untuk peningkatan kualitas internal dan eksternal fapet ub. Kami sangat menjamin kerahasiaan informasi yang diberikan.

JADWAL KULIAH

Jadwal kuliah semester Ganjil 2018/2019

DOWNLOAD BORANG

Kumpulan Borang Fakultas Peternakan

SIADO

Sistem Informasi Akademik Dosen

SIMITA

Sistem Informasi Peminatan dan Tugas Akhir

KOMPLAIN

Keluhan yang disampaikan akan kami sampaikan kepada unit kerja terkait melalui pimpinan Universitas Brawijaya. Seluruh keluhan akan dikelola oleh PIDK (Pusat Informasi, Dokumentasi dan Keluhan).

REPOSITORY

Kumpulan draft manuskrip jurnal mahasiswa S1 Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya

PKBR

Informasi Pembinaan Karakter Berbasis Religi

Mahasiswa Fapet Belajar Proses Fermentasi Pakan dalam Rumen dari Profesor Khon Kaen University

Profesor dari Khon Kaen University (KKU), Thailand, Prof. Dr. Metha Wanapat mengunjungi Fakultas Peternakan Univeritas Brawijaya (Fapet UB), Rabu (9/10/2019). Lawatan tersebut dalam rangka menjadi pemateri pada kuliah tamu program three in one yang digagas oleh minat nutrisi dan makanan ternak Fapet UB.

Bertempat di ruang sidang senat lt.6, profesor yang sekaligus Director Tropical Feed Resources Research and Development Center (TROFECT), KKU ini memberikan materi tentang proses fermentasi pakan dalam rumen.

Secara atraktif Prof.Metha menyampaikan cara pemberian pakan kepada ternak ruminansia secara efektif serta proses pencernaan protein karbohidrat dan lemak di dalam rumen. Menurutnya salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas ternak adalah melalui pakan. Sebab pakan berperan besar dalam peningkatan, daging ataupun susu pada sapi.

foto Bersama usai kuliah tamu bersama Profesor Metha dari Thailand

 

Melalui pakan dapat terciptanya fermentasi yang baik di dalam lambung sapi. Cara kerja fermentasi ialah menciptakan bakteri baik di dalam perut yang dilakukan oleh mikroorganisme pada sistem pencernaan.

Selain itu ia juga menyampaikan tata cara membangun kerjasama penelitian dengan institusi lain yang berskala internasional. Prof. Hendrawan selaku ketua pelaksana program three in one kali ini mengatakan bahwa kehadiran pakar bereputasi internasional di Fapet UB, diharapkan dapat memotivasi dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan produktivitas melalui publikasi jurnal.

Pasalnya Prof. Metha Wanapat dikenal sebagai dosen yang popular dengan hasil-hasil penelitiannya terpublish pada jurnal bereputasi. (dta)