Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Siado

Lecturer Academic Information System.

SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Mahasiswa Fakultas Peternakan Manfaatkan Limbah Pengolahan Keju sebagai Subtitusi Konsentrat Kelinci

Kamis, 31 Mei 2018
Oleh : Admin Fapet

 produk konsentrat berbahan dasar limbah keju (whey)

Keju merupakan produk olahan susu yang dihasilkan melalui proses fermentasi dengan bantuan mikroorganisme berupa bakteri asam laktat (BAL) dan rennet. Keju memiliki kandungan nutrisi yang terdiri dari 28,04 gram protein, 0,1 gram lemak, 0,246 gram mineral kalsium, dan 34,793 gram kadar air. Selain kandungan nutrisi rasa yang khas membuat keju menjadi salah satu produk susu yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.
Proses pengolahan keju menghasilkan limbah cair berupa whey, namun limbah tersebut tidak dimanfaatkan kembali oleh industri pengolahan keju sehingga terbuang percuma dan mengganggu lingkungan. Padahal whey dapat diolah menjadi berbagai produk yang cukup bermanfaat salah satunya adalah konsentrat. Whey mengandung nutrisi antara lain 0,8%-1,0% protein dan 3,8%-4,3% laktosa. Sehingga whey sangat layak jika dimanfaatkan sebagai bahan subtitusi dalam pembuatan konsentrat untuk kelinci.
Berangkat dari latar belakang tersebut mahasiswa Fakultas Peternakan yang terdiri dari Mohammad Izza Arroziq, Agus Zuliyanto, Ridwan Auliya Ahmadi, Kirana Prabaningrum, dan Rezi Alfenna menciptakan CO-CHEB (Concentrate Cheese By Product). Yakni bisnis kreatif pemanfaatan limbah pengolahan keju (whey) sebagai subtitusi konsentrat kelinci untuk meningkatkan palatabilitas dan efisiensi penggunaan pakan kelinci sebagai usaha peningkatan pendapatan peternak kelinci.
Tujuannya menciptakan produk konsentrat yang terbuat dari limbah olahan keju sehingga tidak ada limbah yang terbuang dan dapat memenuhi prinsip zero waste. Serta menciptakan konsentrat yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dan meningkatkan palatibilitas pada kelinci. Sehingga kelinci dapat tumbuh maksimal dengan penggunaan pakan yang minimalis namun memiliki kandungan nutrisi yang melimpah. (dta)
 
 
 

Posted in Berita