Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Siado

Lecturer Academic Information System.

SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

“Hylena” Indukan Pertama yang Berproduksi di Laboratorium Fapet UB

“Hylena” Indukan Pertama yang Berproduksi di Laboratorium Fapet UB

Rabu, 11 November 2020
Oleh : Admin Fapet

Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) memiliki laboratorium berwujud kandang closed house modern layer untuk ayam petelur. Kandang yang terletak 50 meter dari laboratorium lapang Sumber Sekar, Dau, Kabupaten Malang  itu merupakan hibah dari perusahaan unggas terbesar di Indonesia, PT. Charoen Pokphand Indonesia (CPI).
Saat ini kandang tersebut dihuni oleh 5000 ekor ayam umur 18 minggu yang siap berproduksi. Indukan pertama yang diberi nama Hylena berhasil bertelur, Sabtu (7/11/2020) dengan berat telur 45 gram. Hylena berasal dari jenis (strain) Hy-Line dengan bobot badan 1.71 kg.
Ayam strain Hyline adalah salah satu jenis ayam petelur yang biasa digunakan oleh peternak, diciptakan di Amerika tahun 1972. Kelebihannya memiliki kemampuan daya hidup pada masa pertumbuhan 98% dan masa bertelur 97%, dengan presentase puncak produksi mencapai 95-96%.
“Ini (produksi telur pertama) adalah momentum berharga bagi Fapet UB sebab kami menaruh harapan besar agar bisa menular ke indukan lainnya untuk berproduksi (bertelur) juga.” ujar Prof. Suyadi selaku Dekan
Laboratorium kandang closed house dilengkapi dengan peralatan canggih yang menyerupai industri besar. Kedepannya akan dimanfaatkan sebagai tempat praktek mahasiswa untuk menyelami manajemen produksi dan manajemen agribisnis atau entrepreneurship.
Serta kegiatan magang namun hanya untuk lima mahasiswa dengan periode pelaksanaan satu bulan. Selain itu juga dapat digunakan untuk penelitian Dosen dan mahasiswa Program pascasarjana agar meningkatkan publikasi jurnal sehingga meningkatkan reputasi Fakultas.
“Harapan kami outcome yang dihasilkan menambah wawasan tentang ayam petelur dan mampu menghitung kebutuhan input, komponen usaha, dan hasil input. Serta  menumbuhkan wirausahawan muda dan memiliki berjiwa bisnis.” pungkas Suyadi (dta)
 

Posted in Berita