Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Siado

Lecturer Academic Information System.

SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Fapet UB Undang Senior Lecture dari Queensland University untuk Kenalkan Nutrigenomik

Fapet UB Undang Senior Lecture dari Queensland University untuk Kenalkan Nutrigenomik

Rabu, 2 Oktober 2019
Oleh : Admin Fapet

Pada penelitian bidang nutrisi ternak ditemukan beberapa komponen nutrisi yang menyebabkan penyakit hingga menurunkan produktivitas ternak. Di sisi lain terdapat perbedaan ukuran bobot dan kandungan nutrisi pada ternak, meskipun telah dilakukan pemberian pakan dengan jenis dan takaran yang sama.
Menurut Prof. Kusmartono selaku dosen pakar nutrisi pakan ternak ruminansia Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB), hal tersebut disebabkan oleh komponen nutrisi dalam pakan mempunyai efek langsung pada proses molekuler, yang dapat merubah ekspresi gen.
Namun perkembangan teknologi peternakan melahirkan teknik-teknik baru yang dapat dijadikan solusi untuk menjembatani celah antara nutrisi dan genetik. Salah satunya teknik yang mempelajari hubungan gen nutrisi atau interaksi antara genomik dan nutrisi.

Dr. Nicholas dari Queensland University menjadi pembicara dalam kuliah tamu program 3 in 1 di Fapet UB

Yakni nutrigenomik, topik yang masih baru bagi peneliti bidang ilmu nutrisi ternak ruminansia. Oleh karenanya minat Nutrisi dan Makanan Ternak Fapet UB mendatangkan pakar ahli dari Queensland University, Dr.  Nicholas James Hudson.
Peserta kuliah terdiri dari mahasiswa program pascasarjana dan dosen Fapet UB

Bertempat di ruang seminar lt.5 Gd.V, Dr. Nicholas memperkenalkan nutrigenomik yang dapat diaplikasikan dalam penelitian bidang nutrisi, Rabu (2/10/2019). Kegiatan yang disajikan untuk mahasiswa program pascasarjana dan dosen ini merupakan program 3 in 1. Yakni metode pembelajaran dalam satu mata kuliah tertentu yang diampu oleh tiga pengajar yang terdiri dari dosen internal Fapet UB, dosen dari Universitas Luar Negeri, dan praktisi peternakan.

Nicholas mengatakan nutrigenomik adalah ilmu yang mempelajari hubungan molekuler antara stimulasi nutrisi dan respon dari gen. Sehingga dapat diketahui pengaruh nutrisi pada metabolisme dan kepekaan genotype terhadap penyakit.
“Tujuan dari kegiatan perkuliahan ini adalah memberikan wawasan baru dan stimulasi bagi mahasiswa dan dosen untuk mempelajari nutrigenomik. Harapannya peneliti bidang nutrisi pakan ternak dapat memecahkan masalah yang berhubungan dengan nutrisi dan gen.” ungkap Prof. Kusmartono (dta)
 
 
 

Posted in Berita