Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Siado

Lecturer Academic Information System.

SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Fapet UB dan PT. Rumah Desa Sejahtera Akan Buat Inovasi Alternatif Pakan Ternak dari Biji Kurma   

Fapet UB dan PT. Rumah Desa Sejahtera Akan Buat Inovasi Alternatif Pakan Ternak dari Biji Kurma  

Selasa, 26 Januari 2021
Oleh : Humas FapetUB

Pakan dalam kegiatan usaha peternakan merupakan komponen biaya produksi tertinggi. Selain itu ketersediaan bahan bakunya pun terbatas karena sempitnya lahan, pengaruh musim, dan bersaing dengan industri lain.

Iklim tropis Indonesia yang memiliki suhu dan kelembaban relatif tinggi sepanjang tahunl memicu heatsress pada ternak. Mengakibatkan kesehatan ternak terganggu sehingga terjadi penurunan konsumsi pakan dan penurunan produktivitas.

Menurut dosen Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB), Dr.Ir. Tri Eko Susilorini, MP.,IPM.,ASEAN Eng untuk mengatasi permasalahan itu diperlukan pengolahan bahan pakan alternatif yang murah namun memiliki segudang manfaat.

Biji kurma dinilai dapat ditambahkan dalam komposisi pakan kosentrat untuk semua ternak baik ruminansia maupun non ruminansia. Sebab mengandung karbohidrat kasar (KH), protein, lemak, serat kasar (SK), dan mineral. Disamping itu pemanfaatan produk sampingan dari buah kurma itu bisa menekan biaya pakan.

Peryataan tersebut terdengar oleh Ir. Ali Baradja, Direktur PT. Rumah Desa Sejahtera yang hendak mengembangkan usahanya dengan memulai bisnis peternakan dalam bidang pakan alternatif.

Untuk merealisasikan rencananya itu, dia menggandeng Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) untuk melakukan penelitian mendalam terkait inovasi pakan menggunakan biji kurma untuk pakan ternak rumiansia dan non ruminansia.

Naskah kesepakatan ditandatangani oleh Ir. Ali Baradja dan Prof. Suyadi (Dekan), Senin (25/01/2020). Ruang lingkup penelitian ada pada tiga bagian yaitu uji pemanfaatan by-product biji kurma sebagai pakan alternatif pada ayam petelur dan pendaging, penggemukan kambing, dan pada sapi perah Friesian Holstein.

penandatangan MoU dengan PT. Rumah Desa Sejahtera

Kedua belah pihak juga menyepakati kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mendukung program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia mengenai Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Prof. Suyadi mengatakan penerapan MBKM ialah dengan memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk dapat mengembangkan potensi diri secara luas.
Sehingga sistem pembelajarannya tidak lagi mengenai teori yang diajarkan di kelas. Namun menekankan pada pertukaran pelajar, asistensi mengajar di satuan pendidikan, penelitian, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi atau proyek independen, membangun desa atau kuliah kerja nyata tematik, serta magang / praktik kerja.

“Kami berharap melalui kerjasama ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mengasah kemampuannya. Sehingga dapat melahirkan generasi muda yang siap menghadapi tantangan perkembangan teknologi.” Jelasnya (dta)

Posted in Berita