JURNAL FAPET

Portal Jurnal-jurnal Peternakan terlengkap yang dihasilkan oleh Dosen-dosen di lingkup Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya.

TRACER STUDY

Hasil tracer study untuk peningkatan kualitas internal dan eksternal fapet ub. Kami sangat menjamin kerahasiaan informasi yang diberikan.

DOWNLOAD BORANG

Kumpulan Borang Fakultas Peternakan

SIADO

Sistem Informasi Akademik Dosen

SIMITA

Sistem Informasi Peminatan dan Tugas Akhir

KOMPLAIN

Keluhan yang disampaikan akan kami sampaikan kepada unit kerja terkait melalui pimpinan Universitas Brawijaya. Seluruh keluhan akan dikelola oleh PIDK (Pusat Informasi, Dokumentasi dan Keluhan).

REPOSITORY

Kumpulan draft manuskrip jurnal mahasiswa S1 Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya

PKBR

Informasi Pembinaan Karakter Berbasis Religi

FapetUB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Disertasi Ir. Mufid Dahlan, MMA : Strategi Pengembangan Kemitraan Ayam Pedaging di Kabupaten Sumenep

Dosen Fakultas Peternakan Universitas Islam Lamongan (Unisla) menempuh ujian disertasi terbuka, Kamis (9/01/2020). Ujian dilakukan di ruang sidang senat lt.6 Gd. V Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB). Sebab ia merupakan mahasiswa Program Doktor Ilmu Ternak di Program Pascasarajana Fapet UB.

Bersama komisi pembimbing Prof. Zaenal Fanani, Prof. M. Nur iHsan, dan Dr. M. Halim Natsir, Mufid mengusung penelitian berjudul “Strategi Pengembangan Kemitraan Ayam Pedaging Secara Berkelanjutan di Kabupaten Sumenep Provinsi Jawa Timur.”

Dia mengatakan tujuan penelitian tersebut adalah untuk mendiskripsikan sistem pola kemitraan budidaya ayam pedaging, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan kemitraan ayam pedaging ,serta mengkaji strategi pengembangan sistem kemitraan ayam pedaging secara berkelanjutan di Kabupaten Sumenep.

Penelitian yang dilakukan pada bulan Agustus 2019 ini menggunakan metode survey, dengan penentuan lokasi dan sampel peternak secara purposive sampling. Yaitu lokasi ditentukan berdasarkan populasi tertinggi pada lima Desa dari lima Kecamatan.

Selanjutnya analisa data terkumpul dari identifikasi pola kemitraan ayam pedaging dengan menngunakan analisis SWOT dan analisis keberlanjutan pola kerjasama kemitraan ayam pedaging.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat model kemitraan yang berkembang di Kabupaten Sumenep. Yakni model inti plasma perusahaan sapronak dan pengolahan hasil panen, model inti plasma perusahaan perseorangan yang bergerak di bidang produksi ayam potong, model kemitraan dengan poultry shop, dan model kemitraan dengan perseorangan yang dibiayai poultry shop.

Sementara itu hasil analisis biaya pakan ternak, DOC, ongkos tenaga kerja, dan biaya operasional kandang, signifikan berpengaruh terhadap pendapatan. Akan tetapi biaya obat-obatan dan operasional tidak signifikan nyata terhadap pendapatan usaha kemitraan. Kesimpulannya usaha kemitraan ayam pedaging masih menguntungkan peternak.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan peternak melalui kemitraan yang berkelanjutan, harus memperhatikan faktor aspek budaya lokal, meningkatkan kualitas keterampilan manajemen peternak, meningkatkan kapasitas kandang dengan pengenalan kandang semi closed chouse.” katanya

Melalui penelitian ini Mufid dinyatakan lulus ujian oleh para promotor dan penguji, serta berhak menyandang gelar Doktor (Dr). (dta)