Fapet Journal

Portal the most complete Animal Science Journals produced by Lecturers in the Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

Tracer Study

The results of the tracer study to improve the quality of the internal and external fapet UB. We absolutely guarantee the confidentiality of the information provided.

Download Form

Collection of Faculty of Animal Husbandry Forms.

Siado

Lecturer Academic Information System.

SIMITA

Information System for Specialization and Final Project.

Complaint

Complaints that are submitted will be conveyed to related work units through the leadership of Universitas Brawijaya. All complaints will be managed by PIDK (Information, Documentation and Complaints Center).

Repository

A collection of journal manuscripts for undergraduate students of Faculty of Animal Science, Brawijaya University.

PKKMABA

Information Portal for Introduction to Campus Life.

Fapet UB Slides

PowerPoint templatesto boost your presentations

Bisnis Produksi Daging Sapi yang ASUH

Bisnis Produksi Daging Sapi yang ASUH

Senin, 31 Agustus 2020
Oleh : Admin Fapet

Produksi daging sapi layak konsumsi harus memiliki kualitas yang Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH). Sehingga menghasilkan daging sapi yang empuk (tender), juiciness, warna merah yang cerah, dan lembut (leanness).
Artinya tidak mengandung bibit penyakit dan bahan kimia ataupun obat- obatan yang dapat mengganggu kesehatan (aman), memiliki zat-zat yang bergizi dan berguna bagi kesehatan dan pertumbuhan( sehat), tidak dicampur dengan bagian lain dari hewan (utuh), serta dipotong dan ditangani sesuai dengan syariat Agama Islam (halal).
Untuk menghasilkan daging tersebut peternak wajib memperhatikan proses pemeliharaan hingga penyembelihan. Oleh karenanya Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) mengadakan pelatihan online tentang bisnis daging halal dari hulu ke hilir, Sabtu (29/08/2020).
Pelatihan tersebut mengundang dua pemateri yaitu Ir. Harianto Budi Rahardjo (PT. Lembu Jantan Perkasa Group) dan Dr. Achadiah Rachmawati, S.Pt.,M.Si (Dosen Fapet UB). Tujuannya memberikan wawasan dan peluang bagi akademisi dan praktisi untuk membuka peluang usaha penyedia daging halal dari hulu ke hilir. Serta memberikan alternatif pangan bagi masyarakat yang peduli akan produk halal dan aman bagi kesehatan.
Dr. Achadiah mengatakan bahwa sebelum proses penyembelihan dibutuhkan seleksi hewan (bebas dari kotoran atau penyakit yang tampak maupun tersembunyi), pemberian pakan dan waktu untuk istirahat rileksasi. Sehingga hewan ternak tidak stress, gelisah, lelah, lesu, lemah yang dapat mempengaruhi kualitas daging.
“Penanganan hewan yang kasar pada periode sebelum pemotongan berdampak buruk pada kualitas daging. Akibatnya daging berwarna gelap, keras, dan kering (potongan daging  berwarna gelap)  serta organisme dari usus dapat menyerang aliran darah dan akhirnya ke otot.” papar Achadiah
Sementara itu Ir. Harianto mengungkapkan bahwa jumlah sapi potong lokal sebesar 85% sedangkan sapi impor yang digemukan dan dipotong mencapai 15%.
“Agar dapat memenuhi kebutuhan pasar penyedia daging hendaknya fokus pada pakan sehingga dapat menghasilkan daging yang berkualitas setara impor.” terangnya (dta)

Posted in Berita