Ditulis pada tanggal 17 Januari 2019, oleh humas, pada kategori Berita

Program studi (prodi) peternakan program sarjana (S1) Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) mengadakan kuliah tamu kewirausahaan, Kamis (17/01/2019). Bertempat di ruang auditorium lt.8 Gd. V kegiatan tersebut mengundang dua narasumber. Yaitu Ustadi, S.Pt.,M.P selaku Direktur PT. Kembang Joyo dan Ir. Didik Purwanto, Direktur PT. KASA Lampung sekaligus ketua Pengurus Besar Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (PB ISPI).

Peserta pada kuliah tamu adalah mahasiswa Fapet UB pengampu mata kuliah wirausaha yang dipelajarai disemester empat. Kewirausahaan merupakan mata kuliah wajib Universitas yang membahas nilai-nilai kewirausahaan,  kepemimpinan, dan teknik komunikasi. Bertujuan agar mahasiswa dapat memahami sikap mental, perilaku dan karakter wirausaha, serta mampu organisir dalam kelompok dan berkomunikasi. Harapannya mahasiswa  dapat mengintegrasikan nilai kewirausahaan, kepemimpinan dan komunikasi dalam model pembelajaran kewirausahaan.

Pada kesempatan yang berbeda kedua direktur ini bergantian menyampaikan kiat menjadi wirausahawan kepada mahasiswa. Ustadi mengatakan bahwa jatuh bangun dalam berwirausaha adalah hal yang biasa namun bagaiamana mengatasi saat terjatuh merupakan tantangan. Kreativitas, kesabaran, dan ketelatenan menjadi kunci sukses dalam berwirausaha.

Sementara itu Didik Purwanto menceritakan masa-masa sulitnya saat menjadi mahasiswa peternakan hingga merintis menjadi pengusaha. Ia berpesan agar mahasiswa dapat membaca peluang bisnis, misalnya memilih jurusan kuliah yang kurang diminati oleh kalangan muda namun justru memiliki prospek yang bagus di masa mendatang, salah satunya bidang peternakan.

Negara Indonesia adalah konsumen daging terendah di Asia oleh sebab itu pemerintah mencanangkan program pangan hewani. Peluang bisnis yang harus dilirik oleh pelaku peternakan adalah memenuhi kebutuhan pasar akan daging sapi sehingga mengurangi bahkan menghentikan impor daging sapi. (dta)