Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Kinerja akademik dibidang penelitian dan pengabdian masyarakat  juga sangat baik. Dibidang penelitian, jumlah penelitian dosen selama 3 tahun adalah 1 penelitian dibiayai dari dana luar negeri, 84 penelitian dibiayai dari dana dalam negeri dan 34 penelitian dibiayai dari dana institusi sendiri atau NK=2,42, masuk harkat dan peringkat 4 (SANGAT BAIK), jumlah publikasi ilmiah selama 3 tahun adalah 78 publikasi internasional, 7 publikasi nasional dan 171 publikasi lokal atau NK=5,84 yang berarti nilai 3,9 masuk dalam harkat dan peringkat 3 (BAIK). Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen juga dapat dikatakan baik karena dari 499 mahasiswa yang memprogram tugas akhir, tercatat sebanyak 129 mahasiswa melakukan penelitian dengan menggunakan penelitian dosen atau persentase jumlah mahasiswa yang terlibat dalam penelitian dosen (PD) sebesar 25,85% atau nilai = 4 yang berarti masuk harkat dan peringkat 4 ( SANGAT BAIK). Sampai saat ini tercatat 8 karya penelitian telah memperoleh hak paten atau masuk harkat dan peringkat 4 (SANGAT BAIK).

Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat tercatat sebanyak 43 kegiatan dibiayai dari dana dalam negeri dan 33 kegiatan dibiayai dari institusi sendiri, atau NK=1,40 yang berarti masuk pada harkat dan peringkat 4 (SANGAT BAIK).

Instansi yang terlibat kerjasama dengan FPt-UB tercatat sebanyak 20, dan dapat dikatakan masuk pada peringkat 4 (SANGAT BAIK), sementara instansi luar negeri tecatat sebanyak 7 dan dapat dikatakan sangat baik.