Ditulis pada tanggal 12 Oktober 2017, oleh humas, pada kategori Berita

bu ani 1 bu Ani 2

Dr.Ir.Veronica Margareta Ani Nurgiartiningsih, M.Sc, dosen Produksi Ternak Fakultas Peternakan (Fapet) UB memperoleh gelar Guru Besar bidang ilmu pemuliaan ternak. Keputusan tersebut dituangkan melalui SK Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor 81947/A2.3/KP/2017. Perolehan gelar ini menambah jumlah guru besar di Fapet UB menjadi 17 orang.

Pengukuhan Guru Besar oleh Senat UB dilaksanakan, Kamis (12/10/2017). Bertempat di Gedung Widyaloka, Ani menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Peningkatan Performans Produksi Sapi Lokal Indonesia melalui Seleksi”.

Latar belakang penelitian berdasarkan fenomena tentang pembangunan peternakan yang belum mampu mengimbangi pesatnya peningkatan permintaan produk asal ternak, khususnya daging sapi. Sehingga untuk memenuhi permintaan pasar masih bertumpu pada impor.

Salah satu upaya mengatasi permasalah tersebut ialah meningkatkan performans dan produktivitas dengan mengoptimalkan sumber daya lokal yaitu sapi lokal. Strategi untuk meningkatkan performans produksi dan mutu genetik sapi lokal antara lain seleksi berdasarkan potensi genetik, estimasi parameter, standarisasi mutu bibit sapi lokal, dan penguatan data base melalui optimalisasi pemanfaatan recording “Indonesian Cattle Genetic”.

Selepas pengukuhan, Ani menggelar tasyakuran di Auditorium lt.8 Fapet dengan mengundang keluarga, stakeholder, dosen, dan tendik Fapet UB. Wanita kelahiran Salatiga ini pernah menjabat sebagai Pembantu Dekan (PD) II dua kali periode yaitu tahun 2007-2011 dan 2011-2015. Saat ini ia merupakan pengelola kerjasama Eropa di Pusat Urusan Internasional UB dan Ketua Laboratorium Produksi dan Pemuliaan Ternak. (dta)