Ditulis pada tanggal 10 Januari 2018, oleh humas, pada kategori Berita

kredit

Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo (Faperta UNG) mengirimkan mahasiswanya ke Fakultas Peternakan (Fapet) UB. Mahasiswa S1 Program Studi Peternakan atas nama Muchlis Hippy, ditugaskan untuk mengikuti program kredit transfer di Fapet UB. Program tersebut ditempuh selama satu semester yakni semester ganjil Tahun Akademik 2017/2018.

Kredit transfer ini dilaksanakan berdasarkan perjanjian kerjasama antara Fapet UB dan Faperta UNG tertanggal 31 Maret 2015. Kerjasama yang telah terjalin meliputi  pengiriman staf pengajar Fakultas Pertanian UG untuk melanjutkan studi program pascasarjana di Fapet UB, kuliah tamu, seminar, dan kredit transfer akademik.

Prof. Lilik Eka Radiati selaku Wakil Dekan I Fapet UB menjelaskan bahwa kredit transfer akademik adalah proses mengevaluasi komponen kualifikasi untuk menentukan kesetaraan dengan menyatukan kredit yang sebanding untuk pencapaian akademis dan prestasi individu. Dengan kata lain kredit transfer merupakan sebuah mekanisme pengakuan beban kerja dan prestasi.

Mekanisme program ini ialah menyetarakan mata kuliah dari Perguruan Tinggi asal terhadap mata kuliah kurikulum operasional di Fapet UB. Dewasa ini Fapet telah mengadakan program serupa dengan beberapa Universitas di Indonesia seperti UNI SUSKA Riau dan Universitas Satya Wiyata Mandala, Nabire – Papua. (dta)