Ditulis pada tanggal 7 Agustus 2018, oleh humas, pada kategori Berita

Mahasiswa Fakultas Peternakan (Fapet) dan Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) UB yang terdiri dari Lilin Putri Jasmine (Fapet 2017), Muhammad Syarifuddin (Filkom 2017), dan Nur Ahmad Fatihin (Filkom 2017) menciptakan alat Smart Energy From Milk Sortation (SENSOR). Yaitu alat berbahan limbah susu sortiran menjadi energi listrik terbaharukan berbasiskan IoT (Internet of Thing). Dimana konsep perangkat mampu mentransfer data tanpa terhubung oleh manusia, melainkan internet sebagai media dan kendalinya.

Lilin Putri selaku ketua tim menjelaskan latar belakang dari terciptanya alat tersebut adalah ketersediaan energi listrik yang kurang oleh PLN dan minimnya pengolahan EBT (Energi Baru Terbarukan). Serta penggunaan MFC’s (Microbial Fuel Cell) system pembangkit listrik yang memanfaatkan interaksi bakteri.

Dibawah bimbingan dosen Fapet UB, Premy Puspitawati Rahayu, M.P tim kolaborasi tersebut berhasil masuk dalam kategori finalis dalam ajang Pekan Riset Ilmiah Mahasiswa (PRISMA 7). Acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian (FP) UB ini dilaksanakan selama tiga hari yakni Jumat-Sabtu, (3-5/08/2018). (iff/dta)