Ditulis pada tanggal 3 Desember 2018, oleh humas, pada kategori Berita

Kelompok peneliti pusat studi ternak pedaging Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) mengunjungi lima desa di Kecamatan Palang Kabupaten Tuban, Kamis (29/11/2018). Kegiatan tersebut dalam rangka mensosialisasikan hasil kegiatan tahun 2018 sebagai bentuk tindak lanjut kerjasama dengan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur.

Tahun ini tim pusat studi ternak pedaging melakukan pembinaan dan pendampingan kepada kelompok ternak tentang program Inseminasi Buatan (IB) untuk mendapatkan anak kembar jantan pada ternak sapi dan program penanaman tanaman pakan ternak.

Prof. Trinil Susilawati selaku ketua tim mengatakan bahwa hasil kegiatan menunjukkan tingkat keberhasilan yang tinggi. Selain itu atensi masyarakat juga besar untuk program penanaman tanaman pakan ternak. Kabupaten Tuban merupakan kabupaten terbaik pada serapan IB dan keberhasilan kebuntingan. Sehingga rencana kedepannya Kabupaten Tuban akan dijadikan lumbuk sapi di Indonesia.

Namun berdasarkan analisa daya dukung pakan di sebagian besar Kecamatan di Kabupaten Tuban kekurangan hijauan, baik dari limbah maupun rumput. Maka untuk mewujudkan Kabupaten Tuban sebagai gudang sapi perlu dilakukan tambahan sumber pakan. Dengan cara dilakukan gerakan penanaman tanaman pakan di setiap jengkal lahan yang tidak termanfaatkan. Serta memanfaatkan limbah pertanian dengan memberikan tambahan teknologi berupa pembuatan silase, fermentasi, dan urea molasis block.

Pada kesempatan tersebut tim juga melakukan kunjungan ke beberapa lokasi sumber bibit tanaman pakan dan sapi kembar yang telah dilahirkan melalui program IB. (Nien/dta)