Ditulis pada tanggal 10 Agustus 2017, oleh humas, pada kategori Berita

pelatihan jurnal

Badan Pengelola Jurnal (BPJ) Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) mengadakan workshop pengelolaan dan penulisan jurnal, Rabu (9/8/2017). Kegiatan tersebut terbagi menjadi dua sesi yaitu “Workshop Peningkatan Pengelolaan Jurnal Terakreditasi” dan “Penulisan Naskah Jurnal Bereputasi Terindeks Scopus”.

Acara yang berlangsung di ruang seminar lantai 6 Gd.V ini dalam rangka pengimplementasian standar penilaian akreditasi jurnal online terbaru oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Ditlitabmas) Ristekdikti. Mengundang Prof. Widodo, P.hD sebagai pemateri kegiatan workshop diperuntukkan bagi tenaga pengajar Fapet dan pengelola jurnal yang hendak mengakreditasikan jurnalnya.

Menurut Dr. Herly Evanuarini selaku ketua BPJ sekaligus ketua pelaksana mengatakan bahwa keberadaan artikel ilmiah pada jurnal internasional berperan penting dalam menunjang internasionalisasi universitas. Oleh karena itu perlu peningkatan kemampuan penulisan artikel dan jurnal bagi dosen sebagai langkah mengoptimalkan publikasi ilmiah di UB.

Namun secara khusus pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah publikasi internasional bagi pengajar dan peneliti di bidang peternakan dan memberikan media komunikasi diantara peneliti di bidang peternakan.

Saat ini Fapet memilik tiga jurnal yang dikelola BPJ, antara lain Jurnal Ternak Tropika, Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan (JIIP), serta Jurnal Ilmu dan Teknologi Hasil Ternak (JITEK). Ketiga jurnal tersebut sudah mencapai standar jurnal nasional. (dta)