Fapet Gandeng Perpusatakaan UB Adakan Pelatihan Aplikasi Pendeteksi Plagiasi

pelatihan

Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) mengadakan pelatihan aplikasi pendeteksi plagiasi, Kamis (01/02/2018). Kegiatan yang dipimpin oleh Prof. Lilik Eka Radiati selaku Wakil Dekan I, diikuti oleh seluruh dosen dengan mengundang staf dari perpustakaan sebagai pemateri.

Aplikasi pendeteksi disebut turnitin yakni sebuah website (turnitin.com) yang menyediakan fasilitas untuk mendeteksi plagiasi atau plagiat suatu karya. Dimana karya tersebut harus diuji keaslian atau autentifikasinya.

Ada beberapa cara kerja turnitin antara lain originality check yaitu pengecekan melalui penyocokan teks dengan informasi yang terdapat pada web repositories. Grade mark digital assessment, pengecekan secara digital untuk mengurangi pemakaian kertas. Peer mark yakni hasil pengecekan tergantung pada keputusan instruktur dalam hal ini dosen yang bersangkutan.

Prof. Lilik Eka mengatakan harapannya agar dosen menguasai aplikasi ini sehingga mengetahui kecurangan mahasiswa dalam menyelesaikan jurnal maupun tugas akhir baik skripsi, tesis, maupun disertasi. (dta)


Export date : Thu, 22 Nov 2018 10:47:10
Exported from [ http://fapet.ub.ac.id/fapet-gandeng-perpusatakaan-ub-adakan-pelatihan-aplikasi-pendeteksi-plagiasi/ ]