Ditulis pada tanggal 11 Juli 2017, oleh humas, pada kategori Berita

love bird copy

Komunitas penggemar Love Bird kota Malang menggelar Beauty Contest Love Bird Malang (BCLM) Cup II, Minggu (9/7/2017). Bertempat di lapangan parkir Fakultas Peternakan (Fapet) UB, kegiatan tersebut dalam rangka acara ulang tahun BCLM kedua. Serta merupakan salah satu tindak lanjut kerjasama dengan Fapet. Pasalnya kedual belah pihak tengah menjalin kerjasama, sejak bulan April silam.

Kegiatan yang telah terlaksana diantaranya kuliah tamu mengenai peluang wirausaha love bird dan seminar  perhimpunan love bird dimana dosen Fapet sebagai pemateri. Menurut wakil dekan III, Dr.Osfar Sjofjan, Fapet sebagai instansi peternakan ingin menjembatani dan memfasilitasi keinginan komunitas sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

“Selama ini Fapet sudah menjalin kerjasama dengan beberapa komunitas pecinta hewan di Malang, antara lain penggemar kelinci dan burung derkuku. Rencana ke depannya kami ingin menggaet penggemar burung kenari.” ungkap Osfar

BCLM Cup diikuti oleh 1000 peserta yang berasal dari Jakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Gresik, Lamongan, Jember, Banyuwangi, Sidoarjo, Pasuruan, dan Malang. Ada dua kategori yang dilombakan yakni beauty contest dan singing contest. Kriteria penilaian beauty meliputi kepala, punggung, dada, sayap, harmonisasi, tingkah laku, ukuran, kondisi, dan warna. Sedangkan singing contest menitikberatkan pada kemampuan durasi burung bersuara (kèkèk).  

Ketua BCLM, Kukuh mengatakan bahwa tujuan kontes ini ialah untuk meningkatkan nilai jual burung dan sebagai upaya save love bird lokal. Ia juga mengharapkan Fapet dapat memberikan kontribusi tentang pakan, nutrisi, kesehatan, dan perawatan yang benar sebagai bentuk kerjasama selanjutnya. (dta)