Ditulis pada tanggal 7 Januari 2019, oleh humas, pada kategori Berita

Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) anggota, menggandeng kerjasama Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB). Sebagai bentuk tindaklanjut MoU tersebut  KAN Jabung membuka sekolah lapang bidang peternakan bagi anggota yang merupakan kelompok ternak.

Sekolah yang dibuka pada pertengahan bulan Desember 2018 lalu ini dilaksanakan tiap satu minggu sekali. Mendatangkan pakar peternakan dari Fapet UB dengan materi yang berbeda-beda tiap minggunya. Materi kali ini dilaksanakan Jumat (4/01/2019) tentang leadership dan penguatan kelompok oleh Nanang Febrianto, MP serta manajemen pemeliharaan pedet dan sapi dara oleh Aswah Ridhowi, M.Sc.

KAN Jabung merupakan koperasi yang bergerak di bidang agribisnis dan perdagangan umum. Bisnis utamanya adalah peternakan sapi perah disamping pengolahan limbah, pengolahan susu, bengkel dan angkutan, sarana produksi pertanian, serta simpan pinjam.

Saat ini usaha peternakan sapi perah di KAN berkembang pesat setelah menggandeng anggota koperasi sebagai mitra kerja. Sapi yang semula berjumlah 460 ekor kini meningkat hingga 10.500 ekor dari 1500 peternak. Namun pihak KAN Jabung terkendala SDM untuk memberikan pendampingan kepada para peternak tersebut. Oleh sebab itu mereka menggandeng kerjasama dengan Fapet UB. (dta)